Tampilkan di aplikasi

Sekilas tentang kindai showa

Majalah Apki - Edisi 23
27 Desember 2016

Majalah Apki - Edisi 23

Showa sanshoku pertama kali diternakkan oleh jukichi hoshino di jepang pada tahun 1927, dari hasil persilangan antara ki utsuri dan kohaku tandingannya.

Apki
Pada mulanya, warna ‘Hi’ (merah) pada Showa agak kuning kecoklatan. Baru setelah 37 tahun kemudian yaitu pada tahun 1964, Tomiji Kobayashi berhasil memproduksi Showa dengan kualitas warna Hi yang benar benar merah, dengan menggunakan pasangan Yagozaemon-Kohaku. Nama Showa diambil sebagai penghormatan kepada kaisar Jepang pada waktu itu.

Pada saat pertama kali diperkenalkan, Showa adalah koi yang memiliki warna merah dan putih dengan warna dasar hitam. Oleh karena pada waktu itu varietas koi belum sepopuler sekarang, maka varietas Showa yang ada dikenal dengan sebutan Showa Traditional Showa atau Classic Showa. Tetapi bukan berarti pada waktu itu tidak ada Showa dengan dominasi warna putih.

Showa dengan dominasi warna putih, sekarang ini kita kenal dengan nama Kindai Showa. Mengapa ‘Kindai Showa’, sebab Showa yang didominasi warna putih tersebut baru populer pada sekitar tahun 1980’an, maka diberi nama Kindai Showa (Kindai artinya modern). Namun demikian, Kindai Showa tetap termasuk di dalam kategori varietas Showa.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI