Tampilkan di aplikasi

Cara mengatasi air hujan

Majalah Apki - Edisi 24
8 Maret 2017

Majalah Apki - Edisi 24

Mungkin banyak diantara pemilik kolam koi yang merasa kesal dan penasaran karena air kolamnya berwarna hijau atau kecoklatan meski setiap hari ganti air. / Foto : Doni Bastian

Apki
Sebab dengan adanya kondisi air hijau, tentu akan mengganggu pemandangan kolam, apalagi bila koi yang ada berkualitas bagus lagi mahal. Untuk apa punya koi bagus tapi air kolam hijau sehingga koi yang ada tak bisa dilihat dengan baik?. Demikianlah yang terjadi pada sebagian besar pemelihara koi yang sangat mendambakan air kolamnya bening, sebening kristal, agar dapat menikmati indahnya warna-warni koi yang ada.

Namun demikian, tahukah anda bahwa sesungguhnya koi justru lebih suka hidup di air hijau. Sebab yang tampak berwarna hijau pada air kolam itu sebenarnya adalah warna dari tumbuhan semacam ganggang atau dikenal dengan Algae. Terdapat berbagai jenis algae yang memiliki bermacam-macam warna.

Ada yang hijau, kekuningan, merah, biru, kuning bahkan hitam. Biasanya, yang seringkali ditemukan di kolam anda adalah algae yang berwarna hijau dan sedikit kecoklatan. Algae bukanlah lumut yang menempel di dinding kolam. Namun sesungguhnya kedua tumbuhan itu sangatlah bermanfaat bagi koi anda.

Apa itu Algae dan manfaatnya bagi kehidupan Koi? Algae adalah sebangsa tumbuhan ganggang bersel satu. Tidak tampak bila dilihat tanpa menggunakan alat (mikroskop). Yang terlihat hanya sebatas warnanya saja. Algae sangat mudah tumbuh di air kolam, apalagi untuk kolam di luar rumah (outdoor pond) yang mana terkena sinar matahari langsung sepanjang hari.

Algae hidupnya melayanglayang di dalam air kolam. Sinar matahari adalah faktor utama yang mempercepat tumbuhnya algae. Semakin tinggi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kolam anda, maka semakin besar pula kemungkinannya bagi algae untuk tumbuh dan berkembang disana.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI