Tampilkan di aplikasi

Rekayasa pola tancho

Majalah Apki - Edisi 24
8 Maret 2017

Majalah Apki - Edisi 24

Tancho adalah salah satu jenis koi yang terdapat pola berbentuk bulat di bagian kepala. / Foto : Doni Bastian

Apki
Bagaimana dengan di Indonesia? Sama saja, Tancho juga sangat digemari oleh para pecinta koi di seluruh tanah air. Pola Tancho tidak hanya terdapat pada varietas Kohaku, namun juga terdapat pada varietas lain seperti mislanya Tancho Showa, Tancho Goshiki, Tancho Sanke dan masih banyak lagi.

Namun apabila pola bundar di kepala yang diikuti oleh pola lainnya pada punggung Kohaku maka disebut Maruten atau Maruten Kohaku. Karena Tancho banyak sekali penggemarnya, maka koi ini tak akan lama bertahan di kolam display milik para penjual koi. Begitu tiba di outlet penjual, berapapun jumlah Tancho yang tersedia, pasti langsung habis diserbu para pembeli.

Bahkan banyak pula pehobi yang tidak kebagian dan harus memesan secara khusus. Tancho asli dengan pola yang bulat sempurna yang persis seperti koin, sangat-sangat jarang ditemukan. Mengapa demikian? Jangankan untuk memperoleh Tancho yang bulat sempurna, para breeder di Jepang sekalipun, tak ada yang sanggup memproduksi koi khusus Tancho.

Tancho sesungguhnya diperoleh tanpa sengaja diantara ribuan anakan koi dalam satu pemijahan. Kemungkinan memperoleh Tancho dalam satu pemijahan sangatlah kecil, dan itupun bila ada, sangat jarang ditemukan pola Tancho yang bulat sempurna. Namun demikian, para breeder bila ingin memperoleh jenis Tancho lebih banyak, maka bisa dengan menggunakan pasangan induk Koi yang semuanya dari jenis Tancho.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI