Tampilkan di aplikasi

Sang inspirator

Majalah Apki - Edisi 24
8 Maret 2017

Majalah Apki - Edisi 24

Kebangkitan kembali perkoian di pinrang. / Foto : Ryan Sirahuddin

Apki
Kabupaten Pinrang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten ini terletak 185 km dari Makassar arah utara yang berbatasan dengan Kabupaten Polawali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Daerah ini juga di kenal sebagai salah satu lumbung beras di Sulawesi Selatan sekaligus penghasil Ikan konsumsi air tawar dan Air laut. Yg di kirim berbagai daerah di Sulawesi selatan.

Sekitar tahun 2005 Ikan koi mulai di kenalkan beberapa penghobby di Makassar ke beberapa orang di pinrang. Ternyata banyak yg tertarik untuk memelihara nishikigoi ini. Setelah beberapa tahun kemudian nishikigoi ini mulai berkembang walaupun hanya sebatas pada pencintai keindahan ikan koi. Akhirnya lama kelamaan komunitas pencinta koi di Pinrang mulai banyak dan beberapa penghobby mulai memijahkan koi dan memelihara di mudpond. Yang pada akhirnya terbentuk Pinrang Koi Club.

Entah apa penyebabnya, beberapa tahun kemudian pesona ikan koi mulai memudar di daerah ini. Banyak penghobby mulai beralih ke hobby lain. Yang pada akhirnya hanya segelintir saja orang masih setia menjadi penikmat keindahan nishikigoi ini. Tiada kedengaran kabar lagi mengenai para pencinta koi yang dulu sempat menjadi cerita-cerita di penghujung malam.

Setelah melihat sang kakak memelihara koi. Diapun mulai jatuh hati pada nishikigoi. Langkah awal dilakukan adalah membuat kolam dan melengkapi semua aksesorisnya. Walaupun hanya sebuah kolam yang sederhana namun sudah lebih dari cukup untuk menikmati keindahan nishikigoi yg berenang lincah. Sebagai pemula di hobby ini dia cukup menikmati keelokan ikan koi walaupun penghuni kolamnya hanyalah ikan koi yang terbilang biasa-biasa saja.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI