Tampilkan di aplikasi

Dzat yang berhak sombong

Majalah Arrisalah - Edisi 187
16 Oktober 2018

Majalah Arrisalah - Edisi 187

Dzat yang berhak sombong / Foto : https://unsplash.com/photos/80sv993lUKI

Arrisalah
Al Mutakabbir. Secara bahasa artinya Maha Sombong, hanya saja kata “sombong” terlalu sempit untuk memaknai al-Mutakabbir. Al-Mutakabbir tidak hanya Maha Sombong tapi juga dzat yang memiliki al-Kibriya’ seperti tersebut dalam ayat dan hadits berikut:

Dan bagi-Nya lah keagungan di langit dan di bumi, Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. al-Jatsiyah: 37) “Allah berfirman, ‘Al-Kibriya’ adalah selendang-Ku dan keagungan adalah sarung-Ku.

Barang siapa merebut salah satunya dari-Ku, maka Aku akan melemparkannya dalam neraka.” (Sahih, HR. Abu Dawud) Al-kibriya’ menurut Imam Mujahid adalah kekuasaan, kebesaran, keagungan hal mana segala sesuatu tunduk dan membutuhkan kepada-Nya.

Jadi bukan sekadar sombong tapi juga memiliki segala sesuatu dan berkuasa atasnya secara hakiki. Disamping itu, kata sombong mengandung makna negatif, buruk. Sementara al-mutakabbir adalah Maha sombong yang memang layak sombong karena memiliki kekuasaan dan keagungan mutlak juga memiliki segalanya secara hakiki.
Majalah Arrisalah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI