Tampilkan di aplikasi

Mencegah dosa, meredam bencana

Majalah Arrisalah - Edisi 209
9 Juli 2019

Majalah Arrisalah - Edisi 209

bencana alam

Arrisalah
Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu berkata : “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menghadap kearah kami seraya bersabda: “Wahai kaum muhajirin, ada lima hal yang aku berlindung diri kepada Allah Subhanahu wata’ala agar kalian tidak menjumpainya, tidaklah menyebar perbuatan keji (zina) pada suatu kaum hingga mereka berterangterangan melakukannya melainkan mereka akan ditimpa wabah-wabah penyakit dan kelaparan yang belum pernah menimpa orang-orang sebelum mereka.

Tidaklah suatu kaum yang mengurangi takaran (dalam jual beli) melainkan mereka akan ditimpa paceklik, sulit mendapat makanan dan jahatnya penguasa. Tidaklah suatu kaum yang enggan mengeluarkan zakat dari harta mereka melainkan akan terhalang air hujan dari langit, kalau saja bukan karena (ada) binatang niscaya tidak diturunkan hujan. Tidaklah suatu kaum mengingkari janji melainkan Allah Subhanahu wata’ala akan menguasakan atas mereka musuh-musuh yang bukan dari golongan mereka, mereka mengambil sebagian harta yang ada ditangan mereka.

Dan selama pemimpin-pemimpin mereka tidak menerapkan hukum Allah Subhanahu wata’ala dan memilah-milih apa yang Allah Subhanahu wata’ala turunkan di dalam kitab-Nya, niscaya Allah Subhanahu wata’ala akan menjadikan saling berkeraskerasan diantara mereka.” (HR Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Pernah terjadi gempa ringan pada masa pemerintahan khalifah Umar bin Khatab kendati gempa tersebut tidak sampai menumbangkan ohon terlebih merobohkan rumah, peristiwa tersebut betul-betul membikin gempar para shahabat, pasalnya belum pernah mereka mengalami peristiwa semisalnya ketika Rasulullah masih hidup atau di masa Khalifah Abu Bakar. Atas kejadian itu Umar bin Khatab berkata kepada rakyatnya: “Wahai manusia, apa ini? (mengapa terjadi gempa bumi). Betapa cepatnya kalian berubah !! kalau sampai terulang sekali lagi (terjadi gempa bumi) aku tidak mau tinggal (di Madinah ini) bersama kalian !”
Majalah Arrisalah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI