Tampilkan di aplikasi

Siapkan amunisi dakwah anda

Majalah Arrisalah - Edisi 206
9 Juli 2019

Majalah Arrisalah - Edisi 206

Apa yang akan anda lakukan jika akan terjun ke medan laga.

Arrisalah
Apa yang akan anda lakukan jika akan terjun ke medan laga. Apakah anda akan bersantai saja. Ataukah anda akan memilih bersiap dengan segala bekal yang anda miliki. Tentu saja kita akan bersiap siap menghadapi resiko apa saja yang akan ada di depan mata. Tidak mungkin kita akan bersantai santai saja.

Ini pula yang akan anda lakukan ketika akan terjun di medan dakwah. Apa amunisi terbaik yang sudah anda siapkan. Jangan sampai anda tidak memiliki amunisi apa apa. Karena medan juang dakwah anda bukan sebuah medan juang yang ringan. Tapi ini medan juang yang penuh dengan pengorbanan.

Jangan dibayangkan bahwa dakwah itu akan selalu enak dan penuh dengan santai santai. Ketahuilah bahwa dakwah itu penuh dengan kesungguhan dan juga penuh dengan halangan dan rintangan. Sebab dakwah itu membutuhkan pola komunikasi yang baik. Salah memilih kata saja bisa bermasalah, apalagi jika kita salah melakukan pendekatan pendekatan dalam dakwah.

Hendaklah di antara kalian ada satu kelompok yang mengajak umat manusia kepada kebaikan, memerintahkan perbuatan yang ma’ruf, dan mencegah dari perbuatan yang mungkar. Mereka itulah orang-orang yang meraih keberuntungan. (QS. Ali Imran [3]: 104) Proses penyadaran ini menjadi penting.

Bahwa memilih berdakwah adalah sebuah pilihan yang dilakukan secara sadar. Bukan pilihan serampangan. Tetapi pilihan yang memang dilakukan dengan ilmu. Didasarkan pada pemahaman yang baik dan benar. Bukan semata egoisme dan nafsu.

Bagaimana sih konsekwensi jika sebuah pilihan itu dilakukan dengan sadar. Maka ia akan bersiap dengan segala resiko yang siap menghadang. Tidak akan mundur meski banyak masalah di depan. Tetapi terus mencari tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi itu.

Kalian adalah sebaik-baik umat yang dimunculkan (oleh Allah) kepada umat manusia, (karena) kalian memerintahkan perbuatan yang ma’ruf, mencegah dari perbuatan yang mungkar, dan beriman kepada Allah. (QS. Ali Imran [3]: 110)
Majalah Arrisalah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI