Tampilkan di aplikasi

Memaknai ampunan dzat yang maha pengampun

Majalah Arrisalah - Edisi 221
23 Desember 2019

Majalah Arrisalah - Edisi 221

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (an Nisa 110)

Arrisalah
Setidaknya ada tiga asmaul husna yang memiliki makna “mengampuni” yaitu al-Ghafur, at-Tawwab, dan al- ‘Afuw. Setiap nama tersebut memiliki sisi makna yang spesifik dan sisi makna yang berkaitan satu dengan yang lain. Bahkan hampir seluruh makna dari 99 asmaul husna memiliki keterkaitan. Bagaimana tidak? Penyandang nama-nama dan sifatsifat tersebut hanyalah satu yaitu Allah Ta’ala. Misalnya, al-Khaliq yang artinya Maha Pencipta, nama dan sifat ini punya kaitan erat dengan al-Mushawir (Maha Perupa), al-Bari’ (Maha Menjadikan).

Bahkan ada pula keterkaitan makna dengan asmaul husna yang dari segi bahasa cukup jauh seperti al-Bashir (Maha melihat). Nah, al-Ghafur juga memilik makna yang erat kaitannya dengan at-tawwab (Dzat Yang maha menerina taubat) dan al-‘Afuw (Maha Pemaaf) yaitu sama-sama memiliki arti mengampuni dan memaafkan kesalahan. Adapun perbedaannya, pengampunan dalam makna “al-Ghafur” memiliki arti as-Sitr (menutupi) sedangkan at-Tawwab artinya Dzat Yang Maha Mengampuni orang yang bertaubat, dan al-Afuw adalah Dzat yang memaafkan dan menghapus kesalahan.

Poin utama dalam makna al-Ghafur adalah “menutupi kesalahan”. Makna ini terkandung secara bahasa, bisa dilihat dalam kamus semisal kamus al-Ma’any. Saat membahas makna al-Ghafur, para ulama akan menyebutkan makna ini. Dan ini adalah sisi yang luar biasa dari asmul husna ini. Tidak ada satu hal pun yang paling diinginkan oleh orang yang bersalah selain diampuni dan ditutupi kesalahannya. Bayangkan saja, Anda pernah melakukan salah, khilaf, memperlakukan seseorang dengan tidak baik, misalnya. Lalu Anda minta maaf kepada orang tersebut. Orang tersebut bersedia memaafkan, mengampuni dan tidak menuntut balas.
Majalah Arrisalah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI