Tampilkan di aplikasi

Akibat buruk ta’asshub

Majalah As-sunnah - Edisi 07/XXIII
4 Desember 2019

Majalah As-sunnah - Edisi 07/XXIII

Allâh menyebutkan beberapa akibat buruk ta’asshub dalam beberapa surat dan beberapa kisah agar umat ini bisa mengambil pelajaran dari kisah-kisah tersebut. / Foto : assunnah

As-sunnah
Allâh menyebutkan beberapa akibat buruk ta’asshub dalam beberapa surat dan beberapa kisah agar umat ini bisa mengambil pelajaran dari kisah-kisah tersebut. Juga agar umat ini lebih waspada agar tidak terjatuh dalam perbuatan yang sama dengan perbuatan buruk umat-umat terdahulu. Jika itu terjadi, maka umat ini akan tertimpa bencana yang sama dengan bencana yang telah menimpa umat-umat terdahulu itu.

Allah berfirman yang artinya : Dan (Kami telah mengutus) kepada penduduk Mad-yan, saudara mereka (yaitu) Syu'aib, maka ia berkata, "Hai kaumku! Beribadahlah kalian kepada Allâh, harapkanlah (pahala) hari akhir, dan jangan kamu berkeliaran di muka bumi berbuat kerusakan". Maka mereka mendustakan Syu'aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka.

Dan (juga) kaum 'Aad dan Tsamûd, dan sungguh telah nyata bagi kamu (kehancuran mereka) dari (puing-puing) tempat tinggal mereka. dan syaitan menjadikan mereka memandang baik perbuatan-perbuatan mereka, lalu ia menghalangi mereka dari jalan (Allâh), sedangkan mereka adalah orang-orang berpandangan tajam, Dan (juga) Karun, Fir›aun dan Haman. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka Musa dengan (membawa bukti-bukti) keterangan-keterangan yang nyata.

Akan tetapi mereka berlaku sombong di (muka) bumi, dan tiadalah mereka orang-orang yang luput (dari kehancuran itu). Maka masing-masing (mereka itu) kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang kami tenggelamkan, dan Allâh sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. (QS. Al-Ankabut/29:36-40) Inilah sunnatullâh yang berlaku pada para hamba-Nya.
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI