Tampilkan di aplikasi

Sedekah air amalan utama

Majalah As-sunnah - Edisi 07/XXIII
4 Desember 2019

Majalah As-sunnah - Edisi 07/XXIII

Lembar Baituna, Rubrik Fadhail

As-sunnah
Seorang Muslim peka dengan apa yang ada di sekelilingnya. Ketika mendapati ada saudaranya yang kekurangan, iapun dengan ringan tangan bergegas untuk mengulurkan bantuan untuknya. Termasuk ketika mendapati saudaranya kekurangan air, atau tengah membutuhkannya.

Bahkan pun tidak hanya sebatas pada saudaranya yang tengah membutuhkan air; pun begitu pula dengan sesama makhluk Allâh yang ikut hidup di muka bumi ini; yaitu terhadap binatang. Sungguh, Islam tidak hanya memberikan perhatiannya terhadap sesama manusia; bahkan pun juga terhadap hewan.

Dan oleh karena hajat manusia -bahkan pun juga hewan- begitu besar terhadap air, maka mendermakan air pun juga menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi mereka; sehingga menjadi suatu amal agung yang bisa mendekatkan diri kepada Allâh.

Mengingat air merupakan barang paling berharga untuk eksistensi kehidupan manusia setelah udara. Sehingga dengan mendermakan air, berarti telah ikut menjaga keberlangsungan hidup sesama manusia. Karena itulah di antara amalan paling utama adalah menyedekahkan air. Dan termasuk dosa besar bila seseorang tidak mau memberikan kelebihan air yang dimiliki.
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI