Tampilkan di aplikasi

Meredam perihnya duka karena petaka

Majalah As-sunnah - Edisi 07/XXII
29 Maret 2020

Majalah As-sunnah - Edisi 07/XXII

Di antara sunnatullah yang berlaku pada makhluk-Nya, semenjak makhluk pertama hingga hari Kiamat tiba adalah Allâh menguji mereka dengan beragam musibah dan bala. / Foto : assunnah

As-sunnah
Di antara sunnatullah yang berlaku pada makhluk-Nya, semenjak makhluk pertama hingga hari Kiamat tiba adalah Allâh menguji mereka dengan beragam musibah dan bala. Ujian ini bertujuan menyeleksi para hamba, dan membedakan antara yang buruk dengan yang baik, mana yang berkeluh kesah dan mana yang sabar.

Allâh menyebutkan berbagai ujian ini secara global dalam firman-Nya yang artinya : Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji'ûn." Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabb mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah/2: 155-157).

Bagian yang didapatkan masing-masing hamba dari musibah yang menimpanya adalah sesuai dengan sikapnya menghadapi musibah tersebut. Orang yang ridha menerima musibah tersebut, maka baginyalah keridhaan Allâh . Barangsiapa yang dongkol diliputi amarah menghadapinya, maka iapun mendapatkan murka-Nya. Demikianlah adanya.

Bila musibah membuatnya marah dan mendorongnya untuk berbuat kekufuran, maka iapun dicatat dalam catatan orang-orang yang binasa. Bila musibah membuatnya berkeluh kesah, selalu mengeluh serta membuatnya menyepelekan pelaksanaan syariat, maka iapun dicatat dalam daftar orang-orang yang teledor dan lalai. Bila musibah membuatnya marah dan dongkol terhadap Allâh, membuatnya lancang terhadap hikmah Allâh dan dongkol terhadap keputusan Allâh dan takdir-Nya, maka iapun tercatat dalam daftar orang-orang yang merugi.
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI