Tampilkan di aplikasi

Jangan hanya dianggap bencana alam

Majalah As-sunnah - Edisi 07/XXII
29 Maret 2020

Majalah As-sunnah - Edisi 07/XXII

Maksiat dan kemungkaran memang mempunyai akibat sangat buruk dan bahaya yang sangat besar, yang akan mendera pelakunya bila tidak segera bertaubat dan kembali kepada Allâh. / Foto : assunnah

As-sunnah
Maksiat dan kemungkaran memang mempunyai akibat sangat buruk dan bahaya yang sangat besar, yang akan mendera pelakunya bila tidak segera bertaubat dan kembali kepada Allâh. Dosa-dosa ini sungguh akan merusak jiwa, membutakan hati, dan membinasakan negeri, serta telah menghinakan berbagai umat yang telah lalu di berbagai negeri. Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râjiûn.

Imam Ibnul Qayyim t berkata, "Di antara efek dari dosa dan maksiat adalah ia akan menimbulkan berbagai kerusakan di muka bumi yang menimpa air, udara, tanaman, buah-buahan dan juga pemukiman. Sebab para pelakunya tidak menunaikan perintah-perintah Rabb mereka yang telah melarang dan memperingatkan mereka dari sikap lancang menerjang perbuatan tersebut. Sehingga mereka pun melakukan berbagai tindakan buruk dan dengan terang-terangan melanggar hal yang diharamkan.

Syaikh as-Sa’di berkata, "Bahwa kerusakan telah tampak dengan nyata di daratan dan lautan. Yakni kerusakan dan kekurangan sumber penghidupan mereka, juga terjadinya berbagai hal yang merusak penghidupan mereka; juga kerusakan yang menimpa diri berupa berbagai penyakit dan wabah serta lainnya. Dan itu dikarenakan ulah yang diperbuat tangan-tangan mereka yang berupa perbuatan-perbuatan rusak, yang secara sendirinya mempunyai karakteristik merusak.
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI