Tampilkan di aplikasi

Keutamaan puasa dan sikap generasi salaf

Majalah As-sunnah - Edisi 12/XXIII
30 Maret 2020

Majalah As-sunnah - Edisi 12/XXIII

Bulan Ramadhân adalah bulan yang mulia / Foto : assunnah

As-sunnah
Bulan Ramadhân adalah bulan yang mulia, bulan pilihan Allâh untuk menurunkan kitab-kitab suci dari langit. Allâh berfirman yang artinya, Bulan Ramadhân, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS. Al-Baqarah/2: 185)

Imam Ibnu Katsir berkata di dalam tafsir ayat ini: “Allâh memuji bulan puasa di antara seluruh bulan, yaitu Allâh memilihnya di antara seluruh bulan untuk menurunkan al-Qur’an al-‘Azhim. Sebagaimana Allâh mengkhususkannya dengan hal itu, telah ada hadits yang menunjukkan bahwa bulan Ramadhân adalah bulan yang seluruh kitab-kitab Allâh diturunkan kepada para Nabi”. (Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, Surat Al-Baqarah: 185)

Imam Ibnu Katsirt juga berkata: “Adapun Shuhuf, Taurat, Zabur, dan Injil, maka diturunkan kepada masing-masing Nabi yang menerima dengan sekaligus. Adapun al-Qur’an maka diturunkan sekaligus ke baitul ‘izzah di langit dunia, dan itu pada bulan Ramadhân di malam al-qadr.
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI