Tampilkan di aplikasi

Respon seorang muslim terhadap berita yang belum jelas kebenarannya

Majalah As-sunnah - Edisi 05/XXIV
19 September 2020

Majalah As-sunnah - Edisi 05/XXIV

Kemudahan-kemudahan dan manfaat-manfaat yang muncul dari kemajuan teknologi informasi dan media sosial tidak diragukan. / Foto : Aswad Desain

As-sunnah
Kemudahan-kemudahan dan manfaat-manfaat yang muncul dari kemajuan teknologi informasi dan media sosial tidak diragukan. Layaknya jalan tol yang memangkas masa tempuh dari satu titik menuju titik lain dan mempercepat arus transportasi. Informasi dan berita sangat cepat dapat disampaikan kepada orang lain dengan cepat melalui kemajuan dalam teknologi informasi termasuk penggunaan media sosial dengan berbagai jenisnya.

Namun, biasanya, kemajuan-kemajuan itu juga menimbulkan dampak-dampak yang tidak baik, bagi kehidupan pribadi manusia, kehidupan agama seorang hamba, kehidupan sosial masyarakat, bahkan kehidupan bernegara. Maka, sikap cerdas, tanggap, teliti dan bijak, serta tidak tergesa-gesa akan berperan penting dengan izin Allâh untuk memperoleh faedah-faedah besar dari kemajuan yang ada dan kemudian selamat dari bahaya dan ancamannya.

Di antara masalah besar yang menghinggapi kehidupan manusia belakangan ini akibat kemajuan teknologi dan media sosial, tersebarnya informasi yang tidak jelas kebenarannya dan tidak valid di tengah mereka. Tidak hanya individu dan masyarakat saja yang terdampak oleh bahaya dan ancamannya, pemerintah pun juga termasuk pihak yang terkena dampak buruk darinya.
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI