Tampilkan di aplikasi

Keteladanan dari kisah Nabi Ya'qub tentang kesabaran orang tua

Majalah As-sunnah - Edisi 06/XXIV
21 Oktober 2020

Majalah As-sunnah - Edisi 06/XXIV

Kisah Nabi Ya’qub ini tidak diceritakan secara khusus di dalam al-Qur’an

As-sunnah
Kisah Nabi Ya’qub ini tidak diceritakan secara khusus di dalam al-Qur’an, namun kisahnya digandengkan dengan kisah kakeknya; Nabi Ibrahim, kisah bapaknya; Nabi Ishak dan kisah anaknya yaitu Nabi Yusuf. Allâh berfirman :

Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishak dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang Tinggi. Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi, yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat. Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik. (QS. Shad/38: 45-47).

Nabi Ya’qub mempunyai 12 anak lakilaki, dan kepadanya tersambung asbath Bani Israil seluruhnya. Dan yang paling mulia, paling agung, dan paling terhormat di antara anak-anak adalah Nabi Yusuf. Nabi Ya’qub adalah seorang bapak yang patut dijadikan teladan, dimana beliau mendidik anak-anaknya dengan pendidikan yang baik, memberikan nasihat, mendoakan dan memaafkan mereka serta memberi saran bagaimana menyelesaikan masalah-masalah yang anakanaknya hadapi.

Diantara pelajaran yang bisa diambil para orang tua dari kisah Nabi Ya’qub ini adalah: Mewasiatkan untuk berpegang teguh dengan Islam dan beribadah hanya kepada Allâh. Sebagaimana Nabi Ibrahim, Nabi Ya’qub juga mendorong anak-anaknya agar tetap teguh di atas agama yang lurus yaitu Islam. Allâh berfirman tentang wasiat Ya’qub kepada anak-anaknya sebagaimana wasiat kakeknya Nabi Ibrahim.

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allâh telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (QS. Al-Baqarah/2: 132)
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI