Tampilkan di aplikasi

Berta'awun dalam kebajikan dan ketakwaan

Majalah As-sunnah - Edisi 10/XXVII
27 Februari 2024

Majalah As-sunnah - Edisi 10/XXVII

Perintah saling menolong dalam kebajikan dan ketakwaan

As-sunnah
Ta’âwun (saling menolong) dalam kebajikan dan ketakwaan merupakan kalimat yang mencakup seluruh kebaikan. Allâh telah memerintahkan para hamba-Nya untuk saling berta’awun dalam kebajikan dan ketakwaan. Allâh berfirman: Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa. (QS. AlMâidah/5:2)

Untuk itu, sudah sepatutnya setiap Muslim dan Muslimah di segenap penjuru dunia merealisasikannya dan menaruh perhatian besar terhadap masalah ini. Sebab, bekerjasama dalam kebajikan dan ketakwaan, dengan taufik Allâh, akan mewujudkan keshalihan masyarakat, sinergi masyarakat di atas kebaikan dan jauhnya mereka dari keburukan, serta semua merasa mengemban tanggungjawab dan berdiri tepat pada garis yang telah ditentukan.

Banyak nash berbicara tentang kandungan makna ayat di atas. Di antaranya, firman Allâh: Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benarbenara berada dalam kerugian. Kecuali orangorang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasehat-menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesebaran”. (QS. Al-Ashr/103:1-3 )
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

INTERAKTIF
Selengkapnya
DARI EDISI INI