Tampilkan di aplikasi

Perbaikan rumah tangga

Majalah As-sunnah - Edisi 10/XXVII
27 Februari 2024

Majalah As-sunnah - Edisi 10/XXVII

Masalah perbaikan rumah tangga ini penting karena perbaikan masyarakat sangat bergantung pada perbaikan rumah tangga

As-sunnah
Masalah perbaikan rumah tangga ini penting karena perbaikan masyarakat sangat bergantung pada perbaikan rumah tangga dan bila rumah tangga rusak, maka menjadi sebab kerusakan masyarakat. Pantas, seorang penyair mengatakan: Siapa yang memperbaiki rumah tangga, memperbaiki dengannya. Semua yang telah dihancurkan oleh kerusakan di negerinya

Demikian besar efek dari perbaikan rumah tangga terhadap perbaikan masyarakat. Perbaikan tatanan rumah tangga dalam Islam bersumber pada fithrah dan tujuan penciptaan manusia serta pembentukan kehidupan antara manusia. Syariat Islam yang agung menjadikan rumah tangga sebagai tulang-punggung tegaknya masyarakat Islam.

Oleh karena itu, Islam memberikan aturan dan perhatian besar dalam pembentukannya. Pembentukan tatanan sosial kemasyarakatan yang di ikat oleh syariat dengan fithrah antara sepasang suami istri dengan cara menumpahkan keinginan dan kebutuhan mendesaknya kepada yang lain, agar terwujud saling cinta dan menyayangi.

Semua ini dalam rangka mengarah kepada pembentukan keluarga yang kuat dan rumah tangga yang shalih yang menjadi penyusun masyarakat yang shalih. Allâh berfirman tentang pentingnya rumah tangga: Di antara tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benarbenar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS. Ar-Rûm/30: 21)
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

INTERAKTIF
Selengkapnya
DARI EDISI INI