Tampilkan di aplikasi

Bimbingan Syariat dalam Menyikapi Informasi

Majalah Asy Syariah - Edisi 122
20 Maret 2019

Majalah Asy Syariah - Edisi 122

Rubrik Manhaji, Bimbingan Syariat dalam Menyikpai Informasi

Asy Syariah
Kehidupan manusia tak dapat dipisahkan dari berita dan informasi. Saat menjalankan aktivitas kehidupannya, manusia sangat membutuhkan berita dan informasi. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang menjadikannya sebagai pijakan dalam melangkah dan bersikap.

Tentu, setiap berita dan informasi yang didapat tidaklah semuanya benar. Berita dan informasi yang menjadi kebutuhan manusia dalam mewujudkan peradaban yang lebih baik dan bermartabat adalah yang didapat dari sebuah kebenaran, bukan dari berita dusta atau hoaks. Maka dari itu, Islam mewajibkan bagi setiap orang yang beriman untuk selalu tabayyun, yaitu mengenali dan memeriksa dengan teliti kebenaran sebuah informasi yang sampai kepadanya.

Demikian pula tatsabbut, yaitu berhati-hati dan tidak gegabah dalam menyikapi informasi yang beredar, serta berpikir kritis dan cermat dalam menilai antara realitas yang terjadi dengan berita yang beredar tersebut. Dengan tabayyun dan tatsabbut, akurasi dan validitas sebuah berita dapat terlacak. Itulah hakikat sikap bijak ketika menerima berita. Setiap orang yang beriman sangat memerlukannya dalam kehidupan ini.
Majalah Asy Syariah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI