Tampilkan di aplikasi

Cara manis menepis kemungkaran

Majalah Asy Syariah - Edisi 119
27 Agustus 2019

Majalah Asy Syariah - Edisi 119

Cara Manis Menepis Kemungkaran

Asy Syariah
Jelang Ramadhan, sering muncul imbauan untuk tidak melakukan sweeping. Karena itu, pihak-pihak terkait dalam urusan penertiban dan keamanan masyarakat, menjelang Ramadhan telah mendahului aksi penertiban.

Yang melakukan sweeping dan yang melakukan penertiban senyatanya memiliki tujuan yang sama. Yang sweeping ingin perbuatan mungkar tidak tersiar. Begitu pun yang melakukan penertiban ingin perbuatan mungkar tidak melebar. Namun, walau sama tujuannya, mengapa yang melakukan sweeping dipersepsikan sebagai tindakan negatif?

Persoalannya tak semata pada cara bertindak atau beraksi. Masalahnya bukan cuma sweeping yang sering menggunakan cara-cara destruktif, merusak, main paksa, kasar, sangar, atau tindakan dan aksi sejenis. Persoalannya bisa dilihat pula dari sisi kewenangan.

Benar, menepis sebuah kemungkaran merupakan tanggung jawab bersama. Namun, dalam konteks bermasyarakat yang mengedepankan nilai-nilai Islam, faktor munculnya mafsadat yang lebih parah tetap harus menjadi pertimbangan mendalam.

Menepis sebuah kemungkaran jangan sampai memunculkan ekses negatif yang lebih dahsyat di tengah masyarakat. Jangan sampai menimbulkan kemungkaran yang lebih besar. Apabila muncul kemungkaran yang lebih besar, tentu bukan itu yang diinginkan syariat Islam.
Majalah Asy Syariah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI