Tampilkan di aplikasi

Kiprah kerajaan Arab Saudi

Majalah Asy Syariah - Edisi 118
28 Agustus 2019

Majalah Asy Syariah - Edisi 118

Truk bantuan dari Kerajaan Arab Saudi

Asy Syariah
Di antara amanat penting sejak berdirinya Kerajaan Arab Saudi yang senantiasa diemban oleh para rajanya adalah memberikan perhatian terhadap berbagai problem kaum muslimin, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Menyebarkan dakwah Islam berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah dengan paham Ahlus Sunnah wal Jamaah merupakan tugas terdepan Kerajaan Arab Saudi.

Melayani jamaah haji dan umrah menjadi kebanggaan dan tanggung jawab besar Kerajaan Arab Saudi. Pelayanan Arab Saudi terhadap para jamaah haji, mulai dari kemudahan sarana, fasilitas, akomodasi, pelayanan, kesehatan, hingga masalah penjagaan keamanan para jamaah.

Salah satu yang menjadi perhatian dan tanggung jawab Kerajaan Arab Saudi adalah menebarkan dakwah, keamanan, dan kasih sayang kepada seluruh dunia Islam.

Seorang Konsul Haji RI mengungkapkan, “Realitas humanisme Saudi berlanjut walau tanpa peliputan masif media, mengungguli humanisme Barat yang cenderung lebay dan penuh agenda. Fakta dan data berbicara lebih kuat, dan humanisme Saudi bukan basa-basi.”

Bisa jadi, sebagian kita kaget. Memang, sangat sedikit yang tahu bahwa ternyata Arab Saudi sangat humanis.

Mengapa demikian? Mengapa berbagai jasa baik Arab Saudi tersebut seakan-akan tak terekspos?

Dijelaskan oleh Konsul Haji di Konsulat Jenderal RI, setidaknya ada dua faktor yang menyebabkan berbagai partisipasi Arab Saudi seolah-olah tidak terlihat:

1. Kecenderungan sebagian media yang terjebak dalam kampanye terorisme Barat.
Media barat menggambarkan seolah-olah radikalisme, fundamentalisme, dan terorisme berasal dari Wahabisme dengan tujuan politis, ekonomis, bahkan ideologis.

Ini tentu keliru. Arab Saudi menjadi salah satu negara Timur Tengah yang paling keras perlawanannya terhadap radikalisme, fundamentalisme, dan terorisme.

2. Semua hal di atas dilakukan ikhlas tanpa publikasi.
Pihak Arab Saudi memang sengaja tidak mempublikasikan bantuan, karena ajaran agama yang tak menganjurkan publikasi kebajikan yang telah diberikan.
Majalah Asy Syariah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI