Tampilkan di aplikasi

Peak performance

Majalah AutoExpert - Edisi 84
4 Maret 2016

Majalah AutoExpert - Edisi 84

Audi adalah salah satu dari segelintir pabrikan mobil yang konsisten mewujudkan mobil-mobil konsepnya menjadi mobil produksi.

AutoExpert
udi sendiri telah berhasil menjuarai lomba legendaris ini tiga kali berturutturut; Michèle Mouton pada tahun 1985, legenda balap Amerika Bobby Unser pada tahun 1986 dan Walter Röhrl pada tahun 1987, ketiganya dengan menggunakan Audi Sport quattro S1.

Fast forward 16 tahun kedepan, dan nama Pikes Peak kembali menjadi bagian dari sejarah Audi, kali ini sebagai nama mobil konsep crossover yang diperkenalkan di Detroit Motor Show 2003. Audi Pikes Peak quattro dirancang oleh Walter da Silva, dan konon hanya butuh waktu lima bulan untuk menerjemahkan desain menjadi mobil konsep siap jalan (tepatnya lari, karena mesinnya dicomot dari Audi RS6 - 4.2-liter V8 Biturbo). Sebuah SUV mewah menawarkan tempat duduk untuk tujuh penumpang dan dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda legendaris Audi, quattro AWD.

Audi adalah salah satu dari segelintir pabrikan mobil yang konsisten mewujudkan mobil-mobil konsepnya menjadi mobil produksi. Sebut saja Le Mans quattro yang menjadi R8, Al2 Concept yang menjadi A2, Nuvolari quattro menjadi A5, Sportback Concept ke A7, serta TT Concept yang menjadi, well, TT. Tidak terkecuali, Pikes Peak quattro diwujudkan menjadi crossover Audi pertama, Q7, yang diluncurkan pada bulan September 2005 di Frankfurt Motor Show.

Siklus pegembangan setelah diperkenalkannya konsep berlangsung cukup cepat, diawali dengan pengembangan skala penuh menggunakan platform PL71 yang juga merupakan basis dari Volkswagen Touareg dan Porsche Cayenne. Desain produksi selesai pada akhir 2003, dilanjutkan dengan pengujian prototipe pada bulan Desember 2004 sampai pertengahan 2005. Produksi Q7 dimulai pada musim gugur tahun 2005 di pabrik Volkswagen Slovakia di Bratislava, Slovakia, dan diluncurkan pada tahun 2006.
Majalah AutoExpert di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI