Tampilkan di aplikasi

Hybrid sports car BMW i8, ushering a new era

Majalah AutoExpert - Edisi 90
29 Agustus 2016

Majalah AutoExpert - Edisi 90

Setelah tampil di ajang Indonesia International Motor Show 2014 sebagai prototype, BMW 18 kembali diboyong oleh BMW Indonesia. Kali ini ia hadir dalam bentuk production version. / Foto : Ayub Waskita

AutoExpert
Seperti yang Anda pasti sudah tahu, BMW menghadirkan sebuah model plug-in hybrid bernama i8. i8 menjadi mobil sport model produksi BMW pertama yang menggunakan teknologi plug-in hybrid. Ya, kami sangat mengerti, Anda pasti menganggap mobil hybrid tidak menjadikan performa sebagai prioritas, tapi BMW membuatnya sebagai inti dari i8. BMW membuktikan bahwa performa tinggi dan efisiensi bahan bakar bisa berjalan beriringan. BMW menamakan teknologi ini sebagai eDrive. Menggunakan kombinasi mesin bensin 1,5 Liter 3 silinder segaris, TwinPower turbo yang juga digunakan oleh MINI terbaru untuk menggerakkan roda belakang dan motor listrik berkekuatan 96 kW (131 dk) untuk menggerakkan roda depan.

Kombinasi ini menghasilkan sistem allwheel- drive saat pengemudi menginjak pedal akselerasi dalam-dalam. Tenaga yang dihasilkannya pun bukan isapan jempol, 362 dk (kombinasi) dan torsi 570 Nm (kombinasi), ini setara atau bahkan melebihi tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh beberapa sports car dunia. Tak heran jika i8 mampu melesat dari diam ke 100 km/jam hanya dalam waktu 4,4 detik. Plug-in hybrid berarti baterai untuk motor listrik bisa diisi secara terpisah dengan menggunakan outlet listrik eksternal, tidak mengandalkan regenerasi tenaga saja. Kombinasi mesin bensin dan motor listrik ini juga menghasilkan efisiensi bahan bakar sebesar 37 km/liter.

Bedanya dengan mobil sport konvensional, sistem hybrid memberikan pengemudi torsi instan, tanpa turbo lag dan wheel spin saat pedal akselerasi dikick. Untuk mengurangi bobot, BMW menggunakan bahan ringan, seperti kombinasi aluminium dengan serat karbon. Kombinasi ini membuat i8 memiliki karakter luwes namun tetap rigid, mengurangi gejala roll saat masuk tikungan tajam. Sama seperti konsep Vision, i8 juga memiliki desain futuristik, tak hanya baik secara estetika tapi juga fungsional. Seluruh bagian eksterior i8 menggunakan filosofi BMW i, yang menciptakan koneksi unik antara sustainability dan karakter premium.
Majalah AutoExpert di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI