Tampilkan di aplikasi

Car culture mooneyes, ikon hot rod

Majalah AutoExpert - Edisi 90
29 Agustus 2016

Majalah AutoExpert - Edisi 90

Mooneyes tak hanya sekedar logo merek komponen hot rod semata. / Foto : Rendy Surya, Andito Wasi

AutoExpert
Logo sepasang mata dengan warna latar kuning, menjadi salah satu ikon legendaris dunia Hot Rod. Inilah logo merek bernama Mooneyes. Nama Mooneyes sendiri diambil dari nama pendirinya, Dean Moon. Dean Moon (1 Mei 1926 – 4 Juni 1987) memulai bisnisnya yang bernama Mooneyes, sekaligus membangun mobil sekaligus tim drag race. Tempat usahanya pertama kali adalah gudang mungil di sebuah ruangan dibalik Moon’s Café, restoran milik ayahnya. Mooneyes sampai saat ini dikenal banyak membuat produk-produk kreatif dan unik. Dan menjadi salah satu patron bagi penyuka drag race dan hot rod.

Salah satunya adalah pedal set dan dop desain menutup (disc). Moon Wheel Disc berupa dop dari bahan aluminum yang diameternya mulai dari 10 inci hingga 46 inci. Dop yang sudah dites di wind tunnel dan trek balap ini, diklaim mampu menambah kecepatan mobil drag hingga 11 km/jam. Hingga kini, moon wheel disc ini masih dijual, bahkan jadi salah satu ikonnya Mooneyes. Bagaimana tidak? Prestasinya tak bisa disamai begitu saja. Akhir tahun 1950-an, pelek ini laku terjual hingga 10.000 unit dalam sebulan. Tak hanya komponen dan aksesori lengkap untuk mobil-mobil hot rod, Mooneyes juga menyediakan aksesori juga untuk motor.

sekiTar TaHun 2012 akHir, saya berkesempatan mampir ke markas besar Mooneyes. Letaknya di 10820S Norwalk Boulevard, Santa Fe Spring, California. Santa Fe Spring, masih dalam Los Angeles County ini merupakan salah satu daerah aksesori otomotif, daerah ini juga merupakan tempat kelahirannya Shelby Cobra. Shelby Cobra, sports car Inggris bertenaga American hot rod V8 engine, rancangan Carroll Shelby yang di-setting di speed shop-nya Dean Moon. Yup, speed shop-nya Dean Moon inilah merupakan markasnya Mooneyes kini. Ukuran bengkelnya tak seluas yang saya bayangkan. Namun banyak pemandangan ‘indah’ yang menarik mata. Speed shop-nya berada di bagian depan lahan bengkelnya.
Majalah AutoExpert di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI