Tampilkan di aplikasi

Traditional mocca yulle log

Majalah Bareca - Edisi 07/11
12 Maret 2018

Majalah Bareca - Edisi 07/11

Traditional Mocca Yule Log merupakan salah satu cake yang kerap disajikan saat menyambut Hari Raya Natal di Sailendra Restaurant, JW Marriott Hotel Jakarta. / Foto : Hendri Wijaya

Bareca
Traditional Mocca Yule Log merupakan salah satu cake yang kerap disajikan saat menyambut Hari Raya Natal di Sailendra Restaurant, JW Marriott Hotel Jakarta. Cake yang terpilih menjadi gambar sampul dari BARECA Magazine Edisi November 2017 ini merupakan kreasi dari Chef Yadi Supriyadi, Pastry Chef JW Marriott Hotel Jakarta.

“Bentuk Yule Log yang tradisional menyerupai sebatang pohon ini menjadi tren dari sebuah Christmas cake yang disukai oleh pelanggan. Cake ini sangat cocok dinikmati bersama minuman yang hangat, namun tidak memiliki kadar manis yang terlalu tinggi seperti kopi, ataupun dapat dinikmati bersama vanilla ice cream,” Chef Yadi mengungkapkan sajian yang cocok untuk di-pairing bersama cake tersebut.

Chef Yadi memilih sponge chocolate roulade sebagai dasar dari pembuatan Yule Log. Pertama, Chef Yadi membuat adonan roulade yang akan dicampur dengan meringue. Setelah tercampur dengan baik bersama meringue, adonan langsung diratakan di baking tray dan dipanggang dalam oven menggunakan suhu 200°Celsius (suhu api atas dan bawah dari oven) selama 12 menit.

Chef Yadi mengungkapkan jika waktu pemanggangan yang singkat dikarenakan ukuran adonan roulade cukup tipis yakni 1 cm. Setelah matang, roulade langsung dimasukkan ke dalam mesin pendingin selama 1 jam dengan kondisi suhu -15°Celsius sehingga dapat lebih mudah untuk digulung. “Sembari menunggu roulade dingin, saya membuat isian Yule Log, yakni mocca buttercream,” Chef Yadi menjelaskan.

Mocca buttercream tersebut dikreasikan Chef Yadi dengan metode Italian meringue. Buttercream akan dioleskan di atas roulade, untuk selanjutnya digulung secara teratur. Chef Yadi juga mengungkapkan bahwa sebaiknya tidak terlalu banyak mengolesi buttercream agar memudahkan proses penggulungan.
Majalah Bareca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI