Tampilkan di aplikasi

Dua sisi TPB, kemana mahasiswa memihak?

Majalah Boulevard ITB - Edisi 84
27 Mei 2021

Majalah Boulevard ITB - Edisi 84

TPB

Boulevard ITB
Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu perguruan tinggi ternama di Jawa Barat, bahkan di Indonesia. ITB juga dikenal sebagai perguruan tinggi berbasis teknik pertama di Indonesia. Tentunya penyematan gelar perguruan tinggi berbasis teknik ini bukanlah tanpa alasan, penyematan tersebut didasarkan pada fakta bahwa mayoritas fakultas di ITB berfokus pada bidang engineering.

ITB sering menjadi incaran utama para siswa SMA untuk menjadi pilihannya dalam melanjutkan studinya pada jenjang sarjana. Meskipun demikian, ternyata masih banyak juga siswa SMA yang belum mengetahui bagaimana sistem pendidikan di ITB. ITB memiliki sistem pendidikan yang unik dan sangat jarang ditemukan pada perguruan-perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Pasalnya, di ITB, mahasiswa tahun pertama tidak langsung ditempatakan di jurusan atau program studi, melainkan belajar bersama-sama bercampur dengan teman satu fakutas. Sistem ini dikenal sebagai Tahap Persiapan Bersama atau disingkat menjadi TPB. Oleh karena itu, umumnya saat siswa SMA mendaftar di ITB, yang dipilih adalah fakultas bukan jurusan. Lantas, kapan memilih jurusannya? Mahasiswa ITB akan memilih jurusannya nanti pada tahun kedua setelah menyelesaikan jenjang TPB.

Kenapa sih Harus ada TPB ? Pertanyaan ini sangat umum dan sering ditanyakan baik oleh khalayak umum, calon mahasiswa baru, maupun massa kampus. TPB dibuat supaya mahasiswa dapat lebih mengenal jurusan-jurusan yang akan dipilihnya sehingga meminimalisasi terjadinya salah jurusan. TPB memiliki peran untuk menjadi jembatan pengantar menuju pembelajaran di jurusan melalui mata kuliah dasardasar sains, pengantar fakultas, pengantar engineering, dan lainlain.
Majalah Boulevard ITB di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI