Tampilkan di aplikasi

Kamera 4K, makin beragam!

Majalah Broadcastmagz - Edisi 73/VI
19 Januari 2018

Majalah Broadcastmagz - Edisi 73/VI

Kamera 4K pertama kali tersedia secara komersial untuk tujuan sinematografi dibuat oleh Dalsa Origin, yang dirilis pada tahun 2003 pada ajang NAB.

Broadcastmagz
Resolusi 4K, atau biasa disingkat dengan sebutan 4K, mengacu pada perangkat layar atau konten yang memiliki resolusi horizontal 4.000 piksel. Beberapa resolusi 4K ada atau digunakan pada bidang televisi digital dan sinematografi digital.

Dalam industri proyektor film, Digital Cinema Initiatives (DCI) yang merupakan perusahaan patungan dari beberapa studio film utama yang terdiri dari Metro- Goldwyn-Mayer, Paramount Pictures, Sony Pictures Entertainment, 20th Century Fox, Universal Studios, The Walt Disney Company dan Warner Bros, dibentuk untuk membangun arsitektur standar sistem sinema digital, menggunakan resolusi 4K sebagai standarnya.

Resolusi 4K, seperti yang didefinisikan oleh Digital Cinema Initiatives, adalah 4096 x 2160 piksel (256 : 135, kira-kira sama dengan aspek rasio 1,9 : 1). Standar ini secara luas digunakan oleh industri film bersama dengan semua standar DCI lainnya.

Perkembangan pesat perjalanan kamera 4K inilah yang menjadi bahasan utama di edisi ini. Bahasan utama yang terpapar dalam rubrik Focus ini, seperti biasa dilengkapi sejumlah artikel menarik lainnya yang tersebar dalam beragam rubrik. Diantaranya kehadiran rubrik “baru” Film. Semoga bermanfaat!
Majalah Broadcastmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI