Tampilkan di aplikasi

Radio televisi masa depan: Siaran digital atau streaming?

Majalah Broadcastmagz - Edisi 73/VI
19 Januari 2018

Majalah Broadcastmagz - Edisi 73/VI

Digitalisasi penyiaran merupakan peluang untuk memperluas dan mengembangkan layanan penyiaran bagi pendengar dan penonton.

Broadcastmagz
Sejumlah negara di Asia Tenggara tengah berusaha bermigrasi dari siaran radio analog ke digital, sebuah sarana siaran radio untuk menarik banyak pendengar. Dalam sebuah lokakarya (workshop) bertajuk ‘ASEAN Digital Radio Broadcasting’ digelar di Bandar Seri Begawan, Brunai Darussalam belum lama ini terungkap bahwa usaha digitalisasi radio di sejumlah negara Asia Tenggara sedang berlangsung, tetapi tidak mengalami kemajuan yang signifikan.

Di Indonesia digitalisasi siaran digital berdasarkan pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI nomor 21 tahun 2009 tentang Standar Penyiaran Digital Untuk Penyiaran Radio pada Pita VHF.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak stasiun radio sudah siap terhadap digitalisasi radio siaran, tetapi pihak pemerintah belum begitu siap karena belum adanya regulasi pendukung Permen Kominfo tentang standar radio digital, dan masyarakat juga belum siap karena kurangnya sosialisasi dan masih susah didapatkannya perangkat penerima siaran radio digital.

Siaran radio digital jelas lebih kompleks dibandingkan dengan siaran analog. Oleh sebab itu diperlukan serangkaian dukungan. Ketika penyedia (provider) kabel atau satelit akan memasang peralatan dan menyediakan pelayanan konsumen, pelanggan teresterial digital diharapkan dapat memasang/mengatur pesawat penerima sendiri.

Mereka juga perlu memahami instruksi pengoperasian peralatan. Semua ini akan menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Regulator/pemerintah perlu memberikan layanan untuk pengoperasioan layanan siaran digital. Harga pesawat penerima juga menjadi masalah bagi kebanyakan khalayak.

Sudah pasti, harga peralatan siaran digital jauh lebih mahal dibanding dengan pesawat penerima analog. Oleh sebab itu, sangat perlu bagi pemerintah untuk memikirkan penyediaaan alokasi dana untuk masyarakat agar memperoleh hak mendapatkan informasi dan mengeliminir diskriminasi perolehan informasi.
Majalah Broadcastmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI