Tampilkan di aplikasi

4 langkah mendapatkan audio ok saat merekam video

Majalah Broadcastmagz - Edisi 79
1 November 2018

Majalah Broadcastmagz - Edisi 79

Tom Skowronski seorang praktisi senior coba memberi tips.

Broadcastmagz
Kadang-kadang, kita menyimak sebuah rekaman video dengan rasa tak nyaman lantaran keluaran audionya yang buruk walaupun gambarnya sebenarnya bagus. Untuk itu, Tom Skowronski seorang praktisi senior coba memberi tips. Menurut Tom Skowronski, ada 4 langkah sederhana untuk mengatasinya yang bisa dicoba saat Anda merekam video.

1. Memilih lokasi dan melakukan survey. Pada dasarnya Anda perlu datang ke lokasi tempat Anda berencana melakukan perekaman. Di lokasi yang dituju, Anda perlu memastikan bahwa Anda memahami segala sesuatu yang mungkin menjadi masalah di daerah itu, terutama jika Anda berada di luar ruangan.

Apakah ada bunyi lonceng di sana? Apakah ada mobil lewat? Apakah ada angin yang sangat kuat? Ini semua adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan. Anda pun perlu memastikan bahwa tidak ada yang akan mengeluarkan suara ambience (suasana) dan sekali lagi memastikan bila semuanya dalam kendali Anda.

2. Menutup Celah. Anda harus memperhatikan jarak antara kamera dan subyek atau apa pun sumbernya yang Anda jadikan target perekaman video dan audio.

3. Memilih mikrofon yang tepat untuk kamera Anda. Apakah Anda akan menggunakan mikrofon kamera? Apakah Anda akan menggunakan mikrofon genggam? Atau apakah Anda akan menggunakan mikrofon lavalier? Itu semua tergantung pada apa yang cocok dalam anggaran Anda. Mungkin cara terbaik untuk memilihnya adalah memahami solusi yang bisa diberikan sesuai karakter masing-masing dari mikrofon.
Majalah Broadcastmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI