Tampilkan di aplikasi

Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Ilmu Pengetahuan Sosial
Baca   Unduh

Ilmu Pengetahuan Sosial

SMP/MTs Kelas VIII - Kurikulum 2013 - Edisi revisi 2017

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: M. Nursa’ban / Mukminan / Supardi / Endang Mulyani
Editor: Rikardus Rahmat, S.S., M.Pd

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9786022823254
Terbit: Februari 2016 , 314 Halaman










Ikhtisar

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Pembelajaran IPS ditujukan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang berbagai gejala sosial, melalui pemahaman tentang konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas dan interaksi sosial di dalamnya. Buku IPS khususnya Kelas VIII SMP/MTs ini disusun berbasiskan pemikiran seperti di atas, dengan menempatkan bidang ilmu Geografi sebagai landasan (platform) pembahasan mengenai berbagai aspek dari bidang sejarah, ekonomi, dan sosiologi. Melalui IPS, siswa dikenalkan keragaman potensi wilayah secara utuh. Secara berjenjang penekanan wilayah kajian IPS di SMP dari kelas VII, VIII, dan IX terus meluas. Kelas VII menekankan interaksi keruangan dalam lingkup Indonesia, kelas VIII lingkup ASEAN, dan Kelas IX lingkup global. Kajian tetap menjadikan Indonesia sebagai pusat pandangan sehingga pengenalan negara-negara asing tidak menekankan kajian negaranegara asing, tetapi menekankan bagaimana hubungan Indonesia dengan negara-negara dunia dan pengaruhnya bagi pembangunan nasional. Dengan demikian, diharapkan siswa memiliki kesadaran keunggulan, lokal dan nasional, serta berwawasan global.

Keragaman kondisi yang dimiliki negara Indonesia merupakan potensi sumber daya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya dalam dimensi ruang dan waktu serta ikatan konektivitas multidimensi, sehingga masing-masing kondisi gejala beserta keunggulannya akan dapat berfungsi sebagai sumber daya pembangunan. Dalam kaitan dengan keragaman ini, sumber daya yang kita miliki mencakup sumber daya lokasi, sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber daya budaya. Dengan keragaman serta keunggulan yang ada, keempat sumber daya ini diharapkan dapat menghasilkan kesatuan yang kokoh dalam mendukung berhasilnya pembangunan nasional.

Pembahasan buku ini dibagi dalam empat bab, yaitu: Bab-I Interaksi keruangan dalam kehidupan di negara-negara ASEAN.

Bab-II Pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan.

Bab-III Keunggulan dan keterbatasan antarruang serta pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan ASEAN.

Bab-IV Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan.

Pemahaman terhadap konsep-konsep yang terdapat dalam setiap bab diharapkan dapat memperkuat rasa percaya diri, kecintaan, dan kebanggaan siswa atas keunggulan wilayah negaranya, serta sadar sebagai bagian warga dunia sehingga tumbuh kesadaran untuk mengelola, memanfaatkan, sekaligus melestarikan modal-modal tersebut secara bertanggung jawab demi kemakmuran dan kemajuan bangsa dan negara. Dengan konsep pembelajaran terpadu, IPS diharapkan dapat menjadi wahana untuk meningkatkan kompetensi siswa, baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan sosial secara utuh.

Buku ini sangat terbuka untuk diberi masukan dan akan secara terus menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, pemerintah mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran, dan masukan yang berharga untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini. Atas kontribusinya, diucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi “Indonesia Emas” seratus tahun Indonesia Merdeka (2045)

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Bab I: Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara ASEAN
     Prawacana
     A. Mengenal Negara-Negara ASEAN
     B. Interaksi Antarnegara-negara ASEAN
     C. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara ASEAN
Bab II: Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan
     A. Mobilitas Sosial
     B. Pluralitas Masyarakat Indonesia
     C. Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial
Bab III: Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Busaya di Indenesia dan ASEAN
     Prawacana
     A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian
     B. Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional
     C. Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia
     D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi)Pendapatan Nasional
Bab IV: Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan
     Prawacana
     A. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia
     B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan
     C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan
Glosarium
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Profil Penelaah
Profil Editor
Catatan