Ikhtisar
Buku teks “Simulasi Digital”ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran “Simulasi Digital” ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.
Pendahuluan / Prolog
Kata pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas tersusunnya buku teks ini, dengan harapan dapat digunakan sebagai buku teks untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika.
Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.
Buku teks “Simulasi Digital”ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran “Simulasi Digital” ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyampaikan terima kasih, sekaligus saran kritik demi kesempurnaan buku teks ini dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam membantu terselesaikannya buku teks siswa untuk Mata Pelajaran ″ Simulasi Digital ”kelas X/Semester 1Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Jakarta, 12 Desember 2013 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA
Daftar Isi
Cover
Kata pengantar
Daftar isi
Daftar gambar
Bab 1 : Pendahuluan
A. Visualisasi Konsep
B. Buku/Dokumen Digital
Bab 2 : Visualisasi konsep
Kegiatan belajar 1: Fungsi dan jenis presentasi video
Kegiatan belajar 2: Ciri-ciri presentasi video
Kegiatan belajar 3: Proses pengambilan gambar
Kegiatan belajar 4: Pengambilan gambar dengan kamera
Kegiatan belajar 5: Mengenal tahapan pascaproduksi
Kegiatan belajar 6: Proses editing
Kegiatan belajar 7: Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual - tahap produksi
Kegiatan belajar 8: Subdivision surface, bevel, dan solidifyText 3D
Kegiatan belajar 9: Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual - tahap produksi: modelling
Kegiatan belajar 10: Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual - tahap produksi: material
Kegiatan belajar 11: Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual - tahap produksi: rigging
Kegiatan belajar 12: Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual - tahap produksi: Menganimasikan objek
Kegiatan belajar 13: Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual - tahap produksi: Camera angle, ukuran objek, dan camera movement
Kegiatan belajar 14: Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual - tahap produksi: Camera animation
Bab 3 : Buku digital