Tampilkan di aplikasi

The mighty giant, Land Rover Range Rover Sport 5.0L V8 S superchargerd SVR

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 535
16 Maret 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 535

Namanya memang panjang: Land Rover Range Rover Sport 5.0L V8 Supercharged SVR. Tapi kita sebut saja Range Rover Sport SVR (RRS SVR), SUV terkencang dan paling lincah yang pernah dibuat oleh Land Rover.

Car & Tuning Guide
Namanya memang panjang: Land Rover Range Rover Sport 5.0L V8 Supercharged SVR. Tapi kita sebut saja Range Rover Sport SVR (RRS SVR), SUV terkencang dan paling lincah yang pernah dibuat oleh Land Rover. Menggunakan basis Range Rover Sport, para engineer Land Rover Special Vehicles Operation Division melakukan banyak ‘penyesuaian’ pada SUV yang tampak makin stylish ini. Bahkan, mereka memboyongnya ke sirkuit Nürburgring hanya untuk melakukan pengujian dan pengembangan suspensi.

Mesin & Transmisi. DI balik penutup plastik, terdapat mesin V8 5.0L Supercharged yang berasal dari Jaguar XJR. Tenaganya 550 dk, dengan torsi 680 Nm. Disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis 8 percepatan. Pada mode Dynamic, transmisi tersebut diklaim bisa mereduksi waktu perpindahan gigi persneling hingga 50% ketimbang Range Rover Sport Supercharged reguler.

Dengan fi gur seperti itu, body seberat 2.335 kg ini bisa bergerak dari kondisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 4,5 detik saja (klaim). Lebih kencang ketimbang Porsche Boxter GTS PDK 2014 (4,6 detik), tapi sedikit lebih lambat dari Lexus RC-F V8 5.0L 2014 (4,4 detik). Kecepatan puncaknya 259 km/jam, karena dibatasi secara elektronik.

Kemampuan Off-road. RRS SVR tak melupakan kodratnya sebagai mobil penjelajah off-road sejati. Ground clearance-nya direvisi menjadi 236 mm. Jarak main (travel) suspensi depan, bisa bebas bergerak 259 mm, sedangkan suspensi belakang 271 mm. Dilengkapi dengan transfer case 2-percepatan yang membantunya merangkak di medan off-road yang luar biasa berat.

Oh ya, RRS SVR juga dilengkapi dengan teknologi termutakhir dari Land Rover’s Terrain Response System. Teknologi yang dapat mengoptimalkan pergerakannya di berbagai macam medan. Baik on-road, dan off-road, serta di berbagai cuaca yang terbilang ekstrem.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI