Tampilkan di aplikasi

Chevrolet Trax 1.4 LTZ A/T, gesit di tenaga pertengahan

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 537
13 April 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 537

Tak percuma ia dibekali turbocharger, akselerasi pertengahannya mampu mengungguli catatan waktu dari semua peserta.

Car & Tuning Guide
Pasar mobil SUV 2016 memang sedang naik daun. Chevrolet pun tak mau ketinggalan tren ini dengan menghadirkan Trax sejak akhir tahun lalu. Harapannya tentu saja supaya bisa mencicipi sedikit kue dari penjualan mobil Nasional Dari kubu Chevrolet, Trax LTZ menjadi mobil yang paling hot saat ini. Tak heran ia menjadi salah satu kandidat dalam sembilan mobil terpanas kali ini. Mobil yang dibangun dari platform Aveo ini punya banyak keunggulan utamanya dari sektor mesin yang sudah diimbuhi turbocharger.

Selain itu, fitur yang diusung juga tak kalah canggih dibanding para rival di segmen compact SUV. Mobil yang diboyong secara utuh dari pabrik GM, di Bupyeong Korea Selatan ini bisa dibilang punya tenaga dan torsi terbesar di segmennya. Tapi kali ini, kami memang sengaja meniadakan mobil di kelas yang sama pada segmen masing-masing. Sehingga Trax juga harus ‘melawan’ kandidat lain dengan banyak mobil yang lebih bertenaga. Trax tak perlu takut karena ia dibekali mesin 1.364 cc yang dipadu teknologi Double Continuous Variable Cam Phasing (D-CVCP). Di atas kertas mesin ini mampu menghasilkan tenaga 140 ps serta torsi 200 Nm yang bisa diraih mulai putaran 1.850 rpm hingga 4.900 rpm.

Hasilnya, ketika diajak berakselerasi untuk menempuh kecepatan 60 km/jam dari keadaan berhenti, Trax hanya membutuhkan waktu 4,12 detik saja. Sedangkan untuk mencapai kecepatan 100 km/jam Trax hanya butuh 9,63 detik. Yang paling menarik adalah figur akselerasi pertengahan yang mampu diraih Trax. Bahkan ia bisa mengungguli catatan waktu mobil-mobil yang lebih bertenaga. Berkat turbocharger yang telah mencapai puncak mulai 1.800 rpm sampai 4.900 rpm, untuk melaju dari kecepatan 20 km/jam ke 40 km/jam, Compact SUV Chevrolet ini hanya membutuhkan waktu 1,45 detik.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI