Tampilkan di aplikasi

Intel compute stick, PC mungil dalam saku anda

Majalah CHIP - Edisi 5/2016
2 Mei 2016

Majalah CHIP - Edisi 5/2016

Intel merancang Compute Stick 2016 dengan ukuran yang mungil, dan tidak lebih besar dari Google Chromecast. Namun, si mungil itu adalah PC yang berfungsi penuh.

CHIP
ntel membuat terobosan baru di dunia komputer, setelah sukses dengan NUC dan Compute Stick seri awal, kini Intel merilis sebuah “PC mungil” Compute Stick 2016. Kehadirannya diharapkan menjadi perangkat PC yang lebih compact dan murah. Compute Stick merupakan perangkat dasar sebuah PC, dikemas menjadi lebih compact dan efisien. Hal tersebut sesuai dengan tagline-nya, “Koneksikan. Komputasikan. Semudah itu.” Bentuknya yang compact, lebih menyerupai Chromecast atau Amazon FireTV Stick. Namun, Intel Compute Stick adalah komputer mini yang dapat berfungsi penuh, seperti halnya PC. Compute Stick telah dilengkapi dengan OS Windows 10 (opsional), atau Ubuntu.

Pada bodinya yang compact ini, Intel Compute Stick dilengkapi dengan port HDMI yang dapat digunakan pada Smart TV. Namun, karena lebarnya hanya sekitar 3,7 cm akan menutupi beberapa slot HDMI lainnya (jika berdekatan). Hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan kabel ekstensi, walau hal itu tidak direkomendasikan, karena Compute Stick akan tampak menggantung (lihat gambar ilustrasi di sebelah kanan). Praktis dan Ergonomis Bagi Anda yang sering bepergian, Compute Stick akan membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaanpekerjaan penting, atau mungkin sekadar untuk entertainment seperti bermain game.

Setelah memasang Compute Stick pada TV, pasokan listrik akan segera mengalir dengan sendirinya. Pengguna tinggal menekan tombol power untuk menyalakannya, layaknya sebuah PC. Berbeda dengan PC Desktop, Compute Stick lebih ramah lingkungan dan hemat listrik. Intel Compute Stick ini, hanya memerlukan power supply 2 ampere untuk melakukan booting. Waktu booting diperkirakan sekitar 30 detik. Dilengkapi Keyboard Virtual Intel berupaya membuat para penggunanya lebih dinamis. Selain ukuran Compute Stick yang hanya sebesar kotak permen karet, Intel menyediakan fasilitas keyboard dan mouse virtual melalui aplikasi keyboard jarak jauh yang telah tersedia di Google Play Store.
Majalah CHIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI