Tampilkan di aplikasi

Perbandingan SSD laptop

Majalah CHIP - Edisi 5/2016
2 Mei 2016

Majalah CHIP - Edisi 5/2016

Banyak sekali pengguna mengeluhkan Laptop lamanya yang dirasa makin lama makin lambat. Sebagai jalan pintas banyak pengguna langsung memvonis bahwa Laptop mereka sudah waktunya diganti dengan yang baru.

CHIP
ebelum mengulas lebih jauh tentang apa yang harus dilakukan, ada baiknya kita untuk lebih mengerti bagian-bagian dari komponen laptop. Seperti halnya Desktop PC pada umumnya, laptop juga menggunakan CPU atau Prosesor, RAM atau Memori, Hard Disk Drive dan beberapa komponen lainnya yang menunjang kinerja sebuah laptop. Banyak pengguna yang masih be r - anggapan bahwa prosesor adalah penentu utama dari keseluruhan sistem. Tidak jarang, membeli laptop terbaru adalah solusi praktis bagi mereka yang mengeluhkan makin lambatnya laptop mereka. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah dan ada benarnya.

Namun terkadang solusi tersebut pun hanya bersifat sementara. Belum banyak dari pengguna yang tidak menyadari bahwa CPU atau Prosesor bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Hal-hal yang sering dikeluhkan pengguna laptop seperti booting yang lambat, membuka aplikasi terasa lambat, dan berat, serta shutdown terkadang terasa sangat lama hingga membuat pengguna bosan. Solusi paling sederhana yang sering kita dengar adalah upgrade RAM atau memory. Hal tersebut juga merupakan solusi yang tepat. Mengingat sistem operasi Windows 7 keatas akan lebih efisien jika menggunakan RAM lebih dari 4GB. Namun bagaimana jika laptop Anda tidak menyediakan slot ekspansi atau RAM nya tidak dapat di-upgrade?

Seperti di beberapa varian laptop terbaru dari Intel Braswell, maupun Baytrail. Kedua seri tersebut biasanya hanya menyertakan sebuah slot DIMM untuk satu keping RAM saja. Solusi yang paling masuk akal adalah penggantian SSD pada laptop Anda. Berikut akan kami berikan alasan kenapa penggantian SSD untuk Laptop Anda. 1. Lebih cepat 2. Lebih tahan guncangan 3. Lebih hemat daya 4. Lebih ringan 5. Tidak menimbulkan panas Salah satu alasan orang masih enggan menggunakan SSD karena harganya yang masih diatas harga HDD konvensional. Namun jika melihat tren belakangan ini, harga SSD cenderung turun walaupun nilai tukar dolar masih terbilang tinggi.
Majalah CHIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI