Tampilkan di aplikasi

Tips memotret, sunrise/sunset, bulan, dan sepak bola

Majalah CHIP Foto Video - Edisi 6/2016
1 Juni 2016

Majalah CHIP Foto Video - Edisi 6/2016

Memotret merupakan aktivitas yang menyenangkan. Banyak objek foto yang dapat dieksplorasi lebih jauh, tentu dengan berbacam tips dan trik. / Foto : Rakhmat Koes

CHIP Foto Video
Memotret Sunrise/Sunset, Ketika Anda memotret landscape, ada momen yang berlangsung hanya sebentar saja. Momen tersebut adalah sunrise atau sunset. Ada kalanya Anda harus mengejar waktu, atau menunggu dengan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan momen tersebut. Memotret sunrise atau sunset sekilas terlihat mudah. Tetapi pada prakteknya, tidak semudah dengan apa yang kita bayangkan. Berikut ini beberapa tips dan trik yang coba kami rangkum, saat akan melakukan pemotretan sunrise atau sunset menggunakan lensa tele.

1. Survei Lokasi Agar mendapatkan foto sesuai yang diinginkan, lakukanlah survei terlebih dahulu. Survei dimaksudkan untuk mendapatkan informasi mengenai tempat yang akan kita jadikan lokasi pemotretan. Selain itu, kita juga akan mendapatkan informasi mengenai kondisi lokasi, perkiraan cuaca, perkiraan waktu terbit dan terbenamnya matahari, serta informasi lainnya. Dengan melakukan survei ini, Anda juga akan mendapatkan spot atau tempat pemotretan yang jauh lebih baik, dan waktu yang tepat untuk pemotretan.

2. Sunrise Atau Sunset Anda tidak sedang melakukan pemotretan model, jadi tentukanlah waktu pemotretan. Sunrise atau sunset adalah momen dengan waktu yang singkat, jadi sebisa mungkin Anda harus menentukan dan memilih pemotretan sunrise atau sunset yang sesuai dengan lokasi pilihan Anda. Dengan adanya informasi yang Anda dapatkan dari hasil survey, informasi tersebut biasanya membantu anda untuk menentukan waktu pemotretan.

3. Persiapkan Peralatan Persiapkan peralatan Anda dengan sebaik mungkin, cobalah membuat list dari peralatan agar tidak lupa untuk dibawa. Peralatan seperti tripod, filter lensa, filter lensa kotak, shutter release, dan peralatan lainnya yang beruguna dalam pemotretan sunrise atau sunset. Pilihlah peralatan yang sesuai dengan keperluan, jangan sampai membawa terlalu banyak yang mungkin tidak berguna.
Majalah CHIP Foto Video di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI