Tampilkan di aplikasi

Membangun organisasi yang sehat

Majalah Eksekutif - Edisi 448
18 Desember 2017

Majalah Eksekutif - Edisi 448

Setiap organisasi mendambakan pencapaiuan kinerja keuangan yang cemerlang dan tingkat penjualan yang tinggi

Eksekutif
Para ilmuwan di National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) mendefinisikan organisasi yang sehat sebagai organisasi yang budaya, iklim, dan praktek-praktek kerjanya mampu menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan dan keselamatan karyawan dan juga efektivitas organisasi. Dengan organisasi yang sehat, karyawan merasa dihargai.

Terwujudnya organisasi yang sehat akan meningkatkan kepuasan kerja, menurunnya tingkat absensi dan keluar masuk karyawan; meningkatkan kinerja pekerjaan; dan juga meningkatkan kesehatan fisik, mental, spiritual, dan kesejahteraan karyawan. Pada gilirannya, hal ini akan berdampak positif bagi kinerja keuangan perusahaan dalam jangka panjang.

Organisasi yang sehat, menurut Verschoor, memiliki sejumlah karakteristik. Membangun Organisasi yang Sehat Setiap organisasi mendambakan pencapaiuan kinerja keuangan yang cemerlang dan tingkat penjualan yang tinggi. Tentu tidak ada yang salah dengan hal ini Wajar bila sebuah organisasi mengerahkan segala daya dan upaya untuk mencapainya.

Terlebih bagi sebuah perusahaan, yang sejak awal didirikan memang berorientasi pada pencapaian laba yang maksimal. Namun pencapaian tersebut tidak akan bertahan lama tanpa didukung oleh kondisi organisasi yang sehat. Yang pertama adalah keterbukaan dan kerendahatian anggotanya, mulai dari tingkat atas hingga bawah.

Kesombongan hanya akan mematikan pembelajaran dan pertumbuhan. Kekuatan berasal dari kemampuan dan kesediaan untuk belajar dari orang lain. Karakteristik berikutnya adalah tumbuh kembangnya iklim akuntabilitas dan pertanggungjawaban pribadi. Penyangkalan, saling menyalahkan dan mencari kambing hitam, dan mencari- cari alasan jelas memperburuk hubungan dan memanaskan konflik. Ciri lain organisasi yang sehat adalah keberanian mengambil risiko terkalkulasi.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI