Tampilkan di aplikasi

Barkoholic

Majalah Eksekutif - Edisi 447
18 Desember 2017

Majalah Eksekutif - Edisi 447

Kambing mengembik, kucing mengeong, anjing menyalak. Dan, manusia berpolitik. Tetapi, politik manusia acap kali mengikuti naluri binatang.

Eksekutif
Namun, tentu saja bukan itu yang dimaksud dengan istilah zoon politikon. Manusia bukanlah binatang politik dalam arti berpolitik seperti binatang (cakar-cakaran kayak kucing). Terjemahan yang benar adalah bahwa manusia merupakan binatang yang berpolitik. Kata kuncinya adalah pada kata “yang” itu.

Artinya, politiklah yang membedakan manusia dari binatang. Dengan kata lain, politik merupakan kualitas yang hanya dimiliki oleh manusia. Tujuannya adalah untuk mengatur kehidupan berjalan baik. Jadi, politik pada dasarnya adalah pilihan bijak manusia, justru untuk menundukkan sifat-sifat kebinatangan.

Politik adalah peralatan untuk mencegah manusia menjadi homo homini lupus, alias saling memangsa seperti serigala lapar yang berkelahi. Jadi, sejak awal konsep zoon politikon itu memang dimaksudkan untuk mendefinisikan perilaku manusia yang etis dan berakal budi. Hanya dengan etika dan akal budilah kehidupan dapat dipelihara.

Suatu tatanan masyarakat yang adil dan teratur suatu civic order hanya mungkin tercipta oleh transaksi akal sehat manusia. Itulah sebabnya, politik pertamatama adalah penggunaan akal sehat. Binatang, sebaliknya, mempertahankan aturan atas dasar kekuatan.

Si kuat pasti memangsa si lemah. Itulah sebabnya dalam politik binatang, argumentasi tidak diperlukan. Aturan dalam politik binatang tidak dihasilkan oleh transaksi akal, melainkan oleh kepentingan insting sesaat. Begitu persis alam mengaturnya, sehingga binatang tidak perlu lagi belajar tentang norma dan hukum.

Manusia adalah makhluk yang sengaja keluar dari aturan alam, lalu masuk dalam aturan sosial. Inilah sesungguhnya makna dari zoon politikon itu, yaitu sebagai makhluk sosial, ia memandang sesamanya sebagai cermin bagi dirinya.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI