Tampilkan di aplikasi

Penyakit cakrawala

Majalah Eksekutif - Edisi 459
6 Februari 2018

Majalah Eksekutif - Edisi 459

Bekerja untuk perusahaan-perusahaan besar tentu saja sangat membanggakan. Setiap kali bertemu dengan eksekutif dan karyawan yang bekerja.

Eksekutif
Pakaian necis, pendidikan tinggi, efisien, dan tentu saja cukup sejahtera. Mereka adalah orangorang pilihan yang punya rasa percaya diri yang kuat, serta belief sebagai manusia yang kompeten, dan berharga atau berguna. Kalau lebaran atau natalan bertemu keluarga dan teman-teman di kota kelahiran, mereka bisa ikut berbangga dengan nama perusahaannya.

Perusahaan-perusahaan besar itu adalah sponsor utama pertandingan-pertandingan olahraga akbar yang sering kita lihat di televisi. Produk dan jasa yang dihasilkan disebut berulang-ulang di media massa, dan nama perusahaan terpampang pada papan-papan reklame yang menancap kukuh di setiap sudut jalan-jalan utama kota-kota besar.

Akan tetapi, bekerja di perusahaanperusahaan besar bukan berarti tanpa kekurangan. Dalam pengalaman saya berinteraksi dengan orang-orang itu, tentu saja kita temui sejumlah variasi, namun variasi terbesar entah mengapa justru tampak dalam cakrawala atau horizon berpikir. Tentu saja di perusahaanperusahaan besar kita temui sejumlah orang yang punya cakrawala yang luas.

Orang-orang ini biasanya adalah orang-orang yang tidak membatasi “pasar” pergaulan dan pergulatan hidupnya di dalam perusahaan belaka. Mereka banyak bergaul di luar, berinteraksi dengan segala macam profesi dan kehidupan.

Karena banyak bergaul di luar, mereka menjadi lebih wise dalam bertindak dan berpikir. Bahkan, mereka tidak takut kehilangan pekerjaannya. Tidak begitu curiga terhadap orang lain, tidak memandang rendah, dan cepat beradaptasi, serta tentu saja menjadi penyelamat dalam kesulitan karena temannya ada di mana-mana.

Mereka cenderung punya “harga pasar” yang bagus karena dikenal di mana-mana dan orang tahu bagaimana kualitas dan integritasnya. Ia tidak tertarik berorientasi ke dalam dengan mencari posisi pada kedudukan-kedudukan tertentu di dalam perusahaan, karena wawasannya jauh di atas kursi-kursi fungsional tersebut. Tetapi, bila dibutuhkan, mereka akan bekerja penuh antusias.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI