Tampilkan di aplikasi

I Nyoman Dhamantra, perjuangan hak Bali, persamaan dalam perbedaan

Majalah Eksekutif - Edisi 464
9 Juli 2018

Majalah Eksekutif - Edisi 464

Nama tokoh yang satu ini sudah tak asing lagi di kalangan anggota Dewan Perwkilan Rakyat (DPR-RI).

Eksekutif
Data yang akurat dan argumentasi yang kuat berdasarkan fakta menjadi acuan saat pria kelahiran Denpasar, Bali, 31 Desember 1960 ini menyuarakan aspirasi rakyat pemilihnya. Sosok I Nyoman Dhamantra, anggota DPR-RI periode 2014 – 2019, termasuk mumpuni, pada Komisi VI yang membidangi Perdagangan, Perindustrian, Investasi, koperasi, UKM, BUMN, dan Standarisasi Nasional) tahun 2009 - 2014.

Perjalanan karir politik Alumni Universitas Udayana, Bali, inicukup menarik untuk disimak. Sebelum terjun ke panggung politik, Nyoman Dhamantra merupakan seorang pengusaha yang sukses di Bali. Sempat berkarier di PT Rims Energy Oil Company, nuraninya pun tergugah saat melihat tanah kelahirannya semakin “dijajah” oleh para investor asing. Nyoman Dhamantrapun memilih untuk berkarier di jalur politik demi memajukan potensi lokal Bali.

Di panggung politik, pria yang memiliki tinggi badan 185 cm dan berat badan 102 kg ini merintis karier politiknya dari bawah, hingga akhirnya sukses menjadi anggota DPR RI. Selama menjadi politisi, Nyoman Dhamantra pun terbilang cukup vokal dalam menyuarakan perekonomian Bali yang semakin tergerus oleh keberadaan toko dan ritel asing yang menyerbu Bali.

Akibatnya, banyak artshop yang terpaksa gulung tikar. Menurutnya, hal ini terjadi karena peningkatan Gross Domestic Product (GDP) tidak berdampak dengan kenaikan Gross Domestic Happiness (GDH) atau peningkatan harapan hidup masyarakat Bali. Melihat kasus demikian, akhirnya Nyoman Dhamantra pun mengusulkan untuk merivisi UU Provinsi Bali dengan memasukkan beberapa poin. Pertama adalah pasal mengenai Dana Bagi Hasil (DBH) yang lebih proporsional. Kedua adalah pengaturan yang jelas dan tegas mengenai pelestarian budaya yang lebih harmoni.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI