Tampilkan di aplikasi

Masjid terbesar yang bikin takjub

Majalah Eksekutif - Edisi 477
12 November 2020

Majalah Eksekutif - Edisi 477

Masjid Faisal di Islamabad

Eksekutif
Selain di negara berpenduduk muslim, beberapa masjid besar ini juga terdapat di negara non-muslim. Populasi umat Islam yang terus meningkat, membuat keberadaan masjid atau tempat beribadah ini jadi semakin penting. Masjid ini juga biasanya jadi saksi bisu sejarah perkembangan Islam di dunia.

1. Masjid Faisal di Islamabad bisa menampung ribuan jamaah Di Pakistan, di sana juga ada masjid termegah di dunia. Terletak di Islamabad, Masjid Faisal cukup populer di kalangan jamaah dalam negeri maupun luar negeri. Masjid ini luasnya mencapai 5.000 meter persegi dan bisa menampung 274 ribu jamaah.

Selain arsitekturnya, kondisi geografisnya juga membuat masjid ini terlihat semakin menawan. Pasalnya, Masjid Faisal lokasinya di ujung utara kota dekat kaki Bukit Margalla atau kaki bukit paling barat Pegunungan Himalaya. Hal ini membuat keindahannya semakin lengkap dengan pemandangan menakjubkan di belakangnya.

2. Masjid Qolsharif di Rusia dengan kubah berwarna biru yang menawan Jika sebelumnya berada di negara mayoritas muslim, kali ini ada salah satu masjid termegah di dunia yang berlokasi di negara komunis. Masjid Qolsharid di Rusia jadi tempat ibadah umat muslim sekaligus pusat kegiatan warga. Masjid ini dikenal dengan kubah besarnya yang berwarna biru.

Meski jadi kaum minoritas, tapi masjid ini berdiri kokoh dengan arsitektur yang memukau. Interiornya terinspirasi dari Volga Burgarian, Renaissance dan Ottoman. Bagian dalamnya juga bisa menampung lebih dari 6.000 jamaah. Ini bisa membuat umat muslim Rusia bisa beribadah dengan nyaman.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI