Tampilkan di aplikasi

Blackberry (BB) disuntik mati artinya apa?

Majalah Eksekutif - Edisi 484
10 Januari 2022

Majalah Eksekutif - Edisi 484

Pemegang ponsel Blackberry, dengam perangkat lunak versi lama pada Selasa, 4 Januari 2022 kemarin.

Eksekutif
Ponsel yang sempat berjaya di era 2000-an ini tumbang. Kini, sudah tidak bisa lagi melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, bahkan melakukan panggilan darurat sekalipun. Ponsel BlackBerry yang terkena dampak dari kebijakan ini adalah BlackBerry 10. Ini adalah Blackberry versi terakhir dari OS seluler yang dirilis oleh RIM keluaran tahun 2013.

RIM menghentikan lini BlackBerrynya pada tahun 2016 dan mengalihkan fokusnya ke perangkat lunak keamanan dengan nama BlackBerry Limited. Ponsel yang sempat berjaya di era 2000-an ini tumbang. Kini, sudah tidak bisa lagi melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, bahkan melakukan panggilan darurat sekalipun.

Ponsel BlackBerry yang terkena dampak dari kebijakan ini adalah BlackBerry 10. Ini adalah Blackberry versi terakhir dari OS seluler yang dirilis oleh RIM keluaran tahun 2013. RIM menghentikan lini BlackBerrynya pada tahun 2016 dan mengalihkan fokusnya ke perangkat lunak keamanan dengan nama BlackBerry Limited. Sayangnya rencana tersebut belum terwujud hingga kini.

Seperti diketahui, ponsel Blackberry pernah berjaya di era tahun 2000-an. Ponsel ini bahkan populer di kalangan masyarakat dengan aplikasi perpesanan instan Blackberry Messenger (BBM). Namun, seiring munculnya smartphone android, kejayaan BB menurun hingga terhitung sejak kemarin benarbenar dinyatakan tidak berfungsi lagi.

BlackBerry lahir di Kanada pada 19 Januari 1999, dengan debut pertamanya BlackBerry 850 yaitu pager yang dibuat oleh RIM. BlackBerry 850 menampilkan keyboard kecil, layanan akses e-mail nirkabel, memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan saat bepergian.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI