Tampilkan di aplikasi

Bill Gates, mengingatkan pandemi Covid-19 belum mencapai puncak

Majalah Eksekutif - Edisi 486
10 Mei 2022

Majalah Eksekutif - Edisi 486

Bill Gates

Eksekutif
Pandemi virus corona masih jauh dari selesai, Bill Gates memperingatkan, dengan mengatakan masih ada varian yang “bahkan lebih menular dan bahkan lebih fatal”. “Kami bahkan belum me lihat yang terburuk,” katanya dalam sebuahwawancara. Meskipun tidak ingin menjadi “suara malapetaka dan kesuraman”, risiko munculnya varian yang lebih ganas adalah “jauh di atas 5%”, salah satu pendiri dan filantropis Microsoft mengatakan kepada Financial Times.

“Kami masih berisiko pandemi ini menghasilkan varian yang akan lebih menular dan bahkan lebih fatal,” katanya, seraya menambahkan bahwa vaksin yang tahan lebih lama yang memblokir infeksi sangat diperlukan. Gates, salah satu orang terkaya di dunia, telah menulis sebuah buku berjudul How to Prevent the Next Pandemic.

Dia mendesak pembentukan tim ahli internasional - mulai dari ahli epidemiologi hingga pemodel komputer - untuk mengidentifikasi ancaman dan meningkatkan koordinasi internasional. Dia juga menyerukan tim respons epidemi global, yang dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia, dan mengatakan investasi ekstra sangat penting.

“Tampak liar bagi saya bahwa kita bisa gagal melihat tragedi ini dan tidak, atas nama warga dunia, melakukan investasi ini,” katanya. Sementara mengakui bahwa perang di Ukraina mendominasi agenda internasional saat ini, ia menambahkan: “Jumlah uang yang terlibat sangat kecil dibandingkan dengan manfaatnya dan itu akan menjadi ujian: dapatkah institusi global mengambil tanggung jawab baru dengan cara yang sangat baik? “ Pandemi adalah sesuatu yang telah diperingatkan Gates selama bertahun-tahun, setelah memberikan TED Talk pada tahun 2015 tentang ancaman virus super. “Jika pandemi tidak datang, itu akan menjadi TED Talk yang tidak jelas,” kata Gates kepada The Times. “Sekarang sudah ditonton 43 juta kali.”
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

INTERAKTIF
Selengkapnya
DARI EDISI INI