Tampilkan di aplikasi

Tambang batu dukung pembangunan infrastruktur di Indonesia

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Maret - April 2018
24 April 2018

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Maret - April 2018

Sumitomo Excavator SH210-6 yang sedang melakukan penggalian pada lokasi quarry PT. Gunung Mas Jaya Indah di daerah Rumpin (Bogor).

Equipment Indonesia
Pembangunan infrastruktur di Indonesia sedang dilakukan percepatan agar dapat segera diselesaikan. Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak yang terkait untuk melaksanakan pembangunan tersebut, dari hulu sampai ke hilir, dari penyediaan bahan baku konstruksi serta juga dukungan dari teknologi alat-alat konstruksi yang tepat.

Dukungan bahan baku untuk pembangunan tersebut, seperti penyediaan batu untuk konstruksi jalan maupun bangunan, diambil dari banyak perusahaan tambang batu yang menghasilkan kualitas batu yang sangat bagus agar konstruksi yang dibangun kuat dan tahan lama. Daerah Rumpin (Bogor), misalnya, dikenal sebagai penghasil batu yang kualitasnya sangat bagus.

Banyak perusahaan tambang batu di daerah ini yang mensupplai bahan baku batu ke proyek-proyek pembangunan pemerintah untuk mendukung percepatan pembangunan, seperti untuk pembangunan jalan, beton untuk membangun jembatan dan juga struktur beton yang sedang banyak diperlukan saat ini dalam membangun jalan kereta api LRT.

Salah satu perusahaan besar tambang batu yang beroperasi di daerah Rumpin adalah PT. Gunung Mas Jaya Indah (PT. GMJI). Perusahaan ini mensupplai sekitar 70% dari produksinya ke proyekproyek pemerintah melalui beberapa perusahaan BUMN.

PT. GMJI yang berdiri sejak 1984 terus berkembang dan melakukan join venture dengan perusahaan asing sekitar tahun 2010. Proses produksi perusahaan ini tentu saja tidak lepas dari dukungan teknologi alat-alat konstruksi yang handal, seperti mesin drill, loader, dozer serta excavator.
Majalah Equipment Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI