Menjadi orangtua dari generasi alpha

Majalah Family Guide - Edisi 44/2017
14 Maret 2018

Majalah Family Guide - Edisi 44/2017

Mendidik anak memang seharusnya sesuai zamannya. Dan menjadi orangtua bagi generasi Alpha membutuhkan kesiapan mental dan intelektual yang sejalan dengan perkembangan zaman.

Family Guide
Generasi Alpha (atau gen A) adalah anak-anak yang lahir dari generasi millennial. Peneliti so-sial sekaligus pembicara Mark McCrindle mengampanyekan istilah Generasi Alpha lewat tulisannya di majalah Business Insider. Generasi Alpha (Gen A) adalah lanjutan dari generasi Z. Mereka adalah anak-anak yang baru lahir setelah tahun 2010.

McCrindle menyebutkan bahwa sebanyak 2,5 juta anak Generasi Alpha lahir di dunia setiap minggunya. Menurutnya, gen A merupakan generasi yang paling akrab dengan internet sepanjang masa. McCrindle juga memprediksi bahwa generasi Alpha tidak lepas dari gadget, kurang bersosialisasi, kurang daya kreativitas, dan juga bersikap individualis. Generasi Alpha menginginkan hal-hal yang instan dan kurang menghargai proses.

Keasyikan mereka dengan gadget membuat mereka teraliena secara sosial. Menurut Dr. Neil Aldrin, M.Psi, Psikolog, generasi Alpha cen-derung bersikap lebih pragmatis materialistic, karena dibesarkan di era kemajuan teknologi. Me-reka juga berpikir dengan sangat praktis, kurang memerhatikan nilai-nilai, dan secara umum lebih egois di banding generasi-generasi sebelumnya. Kemajuan teknologi yang pesat ini pun ke depannya pasti akan memengaruhi mereka: mulai dari gaya belajar, materi yang dipelajari di sekolah, sampai de- ngan pergaulan mereka sehari-hari.

Dari semua yang mereka dapatkan tadi, akan membuat generasi Alpha ini menjadi lebih cerdas dibandingkan generasigenerasi sebelumnya. Seperti yang diungkapkan Professor of Demography and Director of the Australian Demographic and Social Research Institute, Peter McDonald. “Tentunya generasi Alpha akan lebih pintar. Karena akses mereka terhadap informasi sangat besar, dibandingkan dengan masa lalu.”

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI