Mengatasi keluhan kulit sensitif anak secara alami

Majalah Family Guide - Edisi 44/2017
14 Maret 2018

Majalah Family Guide - Edisi 44/2017

Setiap orang tua tentu menginginkan perawatan terbaik untuk sang buah hati.

Family Guide
Kulit bayi dan anak-anak mudah sekali mengalami iritasi oleh bahan-bahan kimia, terutama bagi bayi yang baru lahir. Sebab itulah diperlukan perhatian ekstra, terlebih jika Si Kecil mengalami keluhan pada kulit sensitifnya. Ibu sebaiknya memilih produk perawatan kulit yang aman digunakan sejak bayi dilahirkan.

Perawatan kulit anak sensitif sebaiknya dimulai dengan memilih sabun mandi yang tepat. Mengapa sabun mandi? Karena sabun mandi yang baik mampu menjaga kelembapan kulit anak dan mencegah terkurasnya minyak alami di permukaan kulit. Pada anak-anak dan bayi, terutama yang baru lahir, lapisan minyak ini dibutuhkan sebagai perlindungan kulit dari kuman dan bakteri karena kulit bayi belum bisa menghasilkan jumlah Acid Mantle yang cukup untuk melindungi kulitnya.

Selain itu, sabun mandi yang baik tidak mengandung bahan-bahan kimia dan zat pengawet berbahaya yang dapat merusak lapisan pelindung kulit. Bahan-bahan kimia berbahaya tersebut antara lain adalah SLS (Sodium laureth Sulfate), parabens (pengawet), parfum (fragrance).

SLS atau biang sabun banyak digunakan di dalam produk sabun, shampoo dan pembersih lainnya karena harganya relatif murah dan menghasilkan busa yang melimpah. SLS memiliki daya bersih yang sangat kuat, sabun mandi yang mengandung SLS dapat menguras lapisan minyak alami pada kulit. Jika minyak alami kulit terkuras, kulit akan mudah terserang kuman, bakteri akibatnya timbul dermatitis, iritasi, eczema, dan sebagainya.

Sebaliknya sabun berbahan alami bisa menjadi pilihan bagi ibu dalam merawat kulit anak. Sabun alami umumnya bebas dari bahan kimia berbahaya dan tidak memiliki efek samping yang buruk untuk penggunaan jangka panjang. Beauty Barn Body Wash terbuat dari bahan-bahan natural yang aman untuk digunakan sehari-hari atau sesering dibutuhkan.

Majalah Family Guide dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI