Tampilkan di aplikasi

Tak mulus di negeri tetangga

Majalah Forum Keadilan - Edisi 25/XXVI
18 April 2018

Majalah Forum Keadilan - Edisi 25/XXVI

Tak hanya Singapura, Otoritas Malaysia, Land Public Transport Commission, juga berencana memeriksa akuisisi Grab terhadap Uber. / Foto : ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA

Forum Keadilan
Akuisisi bisnis Uber di Asia Tenggara oleh Grab sudah resmi terjadi, namun bisa saja masih menyisakan masalah di Singapura, di mana kantor pusat Grab berlokasi. Pihak berwajib di Singapura, dalam hal ini Competition Commission of Singapore (CCS) mengumumkan kalau mereka tengah memeriksa akuisisi tersebut dan mengaku mempunyai dasar untuk menganggap akuisisi tersebut bisa saja melanggar aturan nomor 54 di Competition Act Singapura.

Mereka pun mengajukan sebuah Interim Measure Direction yang mewajbkan Grab dan Uber untuk menjaga tarif independen pra transaksi, kebijakan tarif, dan opsi produk, demikian dikutip dari Ubergizmo, Selasa 3 April 2018.

Tak hanya Singapura, Otoritas Malaysia, Land Public Transport Commission, juga berencana memeriksa akuisisi Grab terhadap Uber. Kepala lembaga tersebut, Datuk Seri Nancy Shukri menyatakan Grab sebenarnya sudah menjamin tidak akan melakukan perubahan struktur tarif setelah membeli Uber.

"Tapi dengan adanya temuan di Singapura, kami akan memeriksa apakah ada pelanggaran kompetisi di sini," kata dia yang dikutip detikINET dari Strait Times. Di Filipina, kekhawatiran serupa juga menyeruak. Politisi dan anggota parlemen setempat, Lois Campos menyatakan Go-Jek seharusnya segera datang ke Filipina untuk menghadirkan kompetisi melawan Grab.

"Kombinasi bisnis regional Uber dan Grab tidak hanya menurunkan tapi juga secara efektif mengeliminasi kompetisi di pasar ride sharing Filipina," katanya dikutip dari Inquirer. "Untuk melawan dan membangun kembali kompetisi, kita mungkin akan mendorong pemain besar lain seperti Go-Jek untuk datang," tandasnya.
Majalah Forum Keadilan di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI