Tampilkan di aplikasi

Tips menjadi manajer franchise

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 01/XII/2018
30 Januari 2018

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 01/XII/2018

Dalam bisnis secara umum, semua kesempatan (opportunity) menjadi target pencapaian diri sendiri. Semua ini dikejar untuk dimiliki oleh bisnis itu sendiri. / Foto : Istimewa

Franchise Indonesia
Franchising membutuhkan cara pengelolaan tersendiri. Kenapa demikian? Karena penanganan cara pemasaran dengan sistem franchise ini berbeda dengan cara penanganan berbisnis pada umumnya. Dalam bisnis secara umum, semua kesempatan (opportunity) menjadi target pencapaian diri sendiri. Semua ini dikejar untuk dimiliki oleh bisnis itu sendiri.

Semua ini dicapai untuk meningkatkan sales sehingga dapat memberikan keuntungan bagi bisnis itu sendiri. Paradigma bisnisnya adalah terciptanya Sales untuk diri sendiri. Dalam franchising adalah terbalik halnya. Semua kesempatan (opportunity) dikejar, tetapi bukan untuk diri sendiri.

Untuk siapa? Untuk para Franchisee. Paradigma bisnisnya adalah menciptakan Sales dan atau keuntungan untuk Franchisee. Atau dengan kata lain paradigma bisnisnya adalah Service. Dalam menjalankan penanganan sistem franchise seperti tersebut diatas, dibutuhkan pelimpahan hak untuk dapat mengambil keputusan secara mandiri.

Dan pengambil keputusan tersebut tentunya harus memiliki paradigma bisnis yang berbeda, yaitu service. Dengan demikian baru pengambil keputusan tersebut dapat menjalankan misinya (sistem franchise) secara benar dan tepat. Apa pangkat pengambil keputusan dalam hal operasional di sebuah wadah organisasi?

Dalam sebuah wadah organisasi yang besar, secara karir atas kemampuan pelaksanaan kerja/ operasional, pangkat tertinggi adalah General Manager. General Manager dan para Manager adalah orang-orang pelaksana yang mendapat kuasa Direksi untuk mengambil keputusan sesuai arahan tujuan perusahaan. Akibatnya, dibutuhkan minimal seorang Manager untuk memimpin operasional franchising.
Majalah Franchise Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI