Tampilkan di aplikasi

Jurus jitu memilih bisnis Franchise, menguji kelayakan franchiso

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 09/XI/2017
14 Maret 2018

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 09/XI/2017

Penting untuk melihat peran franchisor, sebab dia memegang peranan besar atas keberhasilan franchisee. / Foto : Istimewa

Franchise Indonesia
Membeli franchise tidak cukup dengan hanya melihat konsep atau sistem bisnis yang dimiliki oleh franchisor saja sebagai pemilik merek. Penting untuk melihat peran franchisor, sebab dia memegang peranan besar atas keberhasilan franchisee. Bagaimana menguji kelayakan franchisor?

Merek, sistem dan konsep bisnis memang salah satu penunjang keberhasilan bisnis franchise. Karena konsep yang dimiliki franchisor bisa apa saja selama “rekam jejak” (track record)- nya sebagai sebuah bisnis sudah benarbenar terbukti berhasil. Banyak yang dapat dilihat, salah satu dengan melihat laporan keuangan perusahaan (franchisor) yang menguntungkan (profitable) paling tidak selama 3 tahun terakhir.

Namun itu saja tidak cukup. Rudy A. Sastrosentono, Konsultan Franchise dari Exefra Franchise Consultant mengatakan, calon franchisee harus mengkaji kelayakan franchisor. Pasalnya, franchisor akan menjadi partner dan kolega di mana franchisee akan membuat komitmen jangka panjang untuk menjalankan sebuah bisnis.

“Karena itu, franchisee harus memastikan bahwa franchisor mempunyai kemampuan dalam menangani semua franchiseenya, terutama sebagai tempat untuk membantu mendapatkan jawaban atas semua permasalahan yang terjadi di lapangan, dan tentu saja yang dapat bekerja sama dengan dengan baik dan dapat dipercaya,” ujarnya.

Selain itu, franchisor juga memegang peranan sangat besar atas keberhasilan usaha dari para franchiseenya, khususnya dalam masa-masa awal pendirian bisnis Franchise oleh Franchisee. Mengapa di masa awal? “Karena di titik itulah merupakan masa-masa kritis dari awal berjalan nya sebuah gerai Franchise dan akan menjadi pondasi atas berdirinya sebuah bisnis Franchise.
Majalah Franchise Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI