Tampilkan di aplikasi

Hubungan baik dengan franchisor sangat penting. Bagaimana menjaganya?

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 07/XI/2017
14 Maret 2018

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 07/XI/2017

Antara franchisor maupun franchisee mampu saling mengisi satu sama lain maka franchisee kemungkinan akan mengambil outlet franchise kedua, ketiga dan seterusnya

Franchise Indonesia
90. Mengapa menjaga hubungan baik dengan franchisor itu penting? Karena selain merupakan bisnis hubungan franchise itu juga merupakan salah satu format ekspansi. Dengan adanya hubungan yang terjalin baik dengan franchisor maka yang menyangkut develop branding, develop marketing dan develop training menjadi semakin mudah lantaran dipikirkan secara bersama-sama alias saling mengisi antara franchisee dengan franchisor.

Ibarat perkawinan franchisee dan franchisor adalah sepasang suami istri, jika mereka saling mengisi maka perkawinan akan lenggeng. Demikian pula halnya dalam bisnis franchise seandainya antara franchisor maupun franchisee mampu saling mengisi satu sama lain maka franchisee kemungkinan akan mengambil outlet franchise kedua, ketiga dan seterusnya.

91. Apa yang harus dilakukan hubungan terjalin dengan baik? Untuk bisa ‘saling mengisi’ seyogyanya antara franchisee dan franchisor memiliki spirit yang sama. Kalau si franchiseenya cuma mikir untungnya saja tanpa mau memikirkan develop branding bersama-sama maka niscaya bisnisnya akan berkesinambungan. Parahnya lagi, hakekat franchise sebagai salah satu format ekspansi menjadi tidak ada artinya lantara hubungan menjadi terputus.

92. Adakah langkah-langkah tertentu? Tentu saja ada. Jadi ada lima langkah agar bisa terbina hubungan baik dengan franchisor. Kelima langkah tersebut adalah:

1. Kedua-duanya baik franchisee maupun franchisor harus bisa saling berpikiran positif untuk mengisi. Artinya, baik franchisee maupun franchisor harus bisa mengisi dan berpikir positif untuk sama-sama mengembangkan brandnya.

2. Franchisee maupun franchisor harus dapat saling berempati. Artinya baik franchisee maupun franchisor harus bisa saling merasakan dan mengerti kebutuhan masing-masing.
Majalah Franchise Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI