Tampilkan di aplikasi

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 05/XI/2017

Namun BO yang sudah mapan, memiliki peluang sukses yang tinggi, bukan BO yang asalan dan baru memulai bisnis.

Franchise Indonesia
Istilah BO atau Businesss Opportunity dicetukan oleh saya sekitar 1995 tahun yang lalu. Istilah ini hanya ada di Indonesia. Di luar negeri tidak ada istilah BO. Usaha-usaha yang mirip BO biasa disebut business concept. Contoh business concept di luar negeri salah satunya antara lain usaha jasa penagihan klinik, vending machine, yaitu tempat minuman atau rokok yang bisa bayar secara otomatis dengan memasukan koin.

Saya sengaja menggunakan istilah BO untuk membedakan dengan franchise, agar para calon franchisee atau investor tidak tertipu dengan usaha yang menamakan dirinya franchise atau waralaba. Karena konsep BO sudah banyak yang bermunculan pada pertengahan tahun 90- an. Maka saya munculkanlah istilah BO.

Suatu waralaba memang berawal dari BO. Namun BO yang sudah mapan, memiliki peluang sukses yang tinggi, bukan BO yang asalan dan baru memulai bisnis. BO sendiri memang peluang bisnis yang umumnya belum matang, yang levelnya di bawah franchise.

Memang tidak mudah untuk bisa menjadi franchise, karena bisnis tersebut sudah terbukti sukes, menguntungkan, dan bertahan lama. Jadi dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menjadi franchise, sehingga dia punya rekam jejak dan history yang sukses. Tanpa success story kasihan investor. Dia menggeluti usaha yang belum berketentuan, sama saja penipuan namanya.
Majalah Franchise Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI